Wastafel di Dapur Tersumbat? Begini Cara Mengatasinya!

  • 2 min read
  • Oct 16, 2020
Cara Mudah Mencegah Wastafel Tersumbat

Ketika saluran air di wastafel tersumbat, sebagai pemilik rumah kamu pasti kesal? Iya, kan? Ya, pasalnya, saluran air yang tersumbat akan sangat mengganggu aktivitas, terutama jika saluran tersebut tersumbat di area dapur. Ini tentu akan sangat menyulitkanmu saat mencuci peralatan makan ataupun membersihkan bahan makanan yang akan dimasak. Sekalipun kamu menggunakan pipa pvc SNI untuk saluran air, namun wastafel tersumbat tentu tidak bisa dicegah.

Cara Mudah Mencegah Wastafel Tersumbat

Untuk itu, agar wastafel di dapurmu tidak mengalami penyumbatan, maka coba terapkan beberapa cara yang kami paparkan di bawah ini, check it out:

  1. Gunakan air mendidih.

Salah satu caranya adalah menggunakan air mendidih atau air panas. Caranya? Rebus air mendidih secukupnya lalu sirami berulang kali pada bagian wastafel. Menuangkan air mendidih pada wastafel dapat membantu menghilangkan lemak-lemak ataupun minyak sisa makanan yang mungkin saja menempel di permukaan saluran air.

Agar hasilnya maksimal, lakukan cara ini sekali seminggu.

  1. Lemon.

Selain berkhasiat untuk kesehatan, lemon pun ternyata ampuh dalam mengatasi penyumbatan pada wastafel. Cara mengaplikasikannya mudah, cukup dengan mengambil satu buah lemon, potong menjadi dua bagian, dan salah satu bagiannya digosok-gosokkan pada permukaan sekaligus bibir saluran pembuangan wastafel.

Dipercaya, melakukan cara ini dapat membantu meminimalisir jumlah kotoran yang disaring oleh tiris pembuangan sekaligus membuat wastafel terlihat semakin mengkilau.

  1. Cuka.

Apabila penyumbatannya parah, maka disarankan menggunakan cuka yang dicampur dengan baking soda. Caranya, taburkan baking soda bubuk ke bibir saluran pipa wastafel, kemudian teteskan cuka secukupnya ke bagian dalam saluran tersebut.

Lalu, sumbat saluran wastafel menggunakan penutup atau apapun agar baking soda dan cuka tercampur. Setelah 5 menit, siram campuran kedua bahan alami tersebut dengan air panas.

  1. Plunger.

Jika sudah mencoba menggunakan bahan alami, namun wastafel masih tersumbat maka bisa menggunakan plunger.

Cara menggunakannya pun praktis, di mana tinggal meletakkan ujung plunger ke bagian bibir saluran wastafel (yang sebelumnya sudah diisi dengan air panas setengah permukaan), lalu diamkan beberapa menit baru kemudian tarik plunger kuat-kuat. Lakukan cara ini sampai wastafel bisa kembali digunakan.

  1. Cek pipa saluran di wastel

Selain 4 cara di atas, seperti dikutip dari website Rucika.co.id bahwa Anda harus memastikan dulu untuk melakukan pengecekan di pipa saluran air pada wastafel tersebut. Ini dimaksudkan untuk melihat apakah ada seperti kotoran atau sampah-sampah yang ada di dalam pipa yang menyebabkan wastafel tersumbat atau tidak.

Itu dia cara mudah yang bisa diterapkan untuk mengatasi sekaligus mencegah wastafel dapur yang tersumbat. Coba terapkan dan jangan panik, ya!