Tips Mencari Pembersih Wajah Terbaik

  • 4 min read
  • Oct 28, 2019
Tips Mencari Pembersih Wajah Terbaik

Membersihkan wajah bagi kaum wanita merupakan sebuah keharusan dan menjadi aktivitas rutin yang sangat penting. Oleh sebab itu setiap kali ada banyak wanita yang mencari tahu mana pembersih wajah yang paling cocok dan paling baik untuk digunakan. Sayangnya, masih banyak yang awam dalam hal ini dan sering kali menemukan kesulitan. Mulai dari tidak cocok dengan bahannya, hingga harga yang terlalu mahal. Nah, supaya tidak menemui kesulitan lagi saat hendak membeli pembersih wajah yang diidamkan, sebaiknya simak dulu informasi menarik berikut ini.

Manfaat Menggunakan Pembersih Wajah

Pertama-tama ketahui dulu pentingnya menggunakan pembersih wajah. Terutama setelah menggunakan make up seharian atau bepergian ke luar rumah dan melakukan aktivitas di udara terbuka. Menggunakan produk pembersih wajah yan cocok sangat penting untuk dilakukan supaya bisa memperoleh beberapa manfaatnya sebagai berikut.

  • Mengangkat Kotoran

Menggunakan pembersih wajah secara teratur secara tidak langsung akan membantu untuk mengangkat sisa kotoran yang masuk ke dalam pori-pori wajah. Oleh sebab itu, menggunakan produk tersebut lebih efektif untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal di wajah sehingga wajah terasa lebih bersih dan sehat.

  • Mencegah Jerawat

Rutin membersihkan wajah juga membantu mencegah terjadinya jerawat pada kulit wajah. Karena umumnya jerawat ini terjadi akibat penumpukan minyak dan kotoran. Sehingga dengan membersihkan wajah secara teratur maka wajah bebas dari kotoran dan bebas dari jerawat pula.

  • Membuang Sel Kulit Mati

Membersihkan wajah pada beberapa produk juga secara tidak langsung membantu membuang sel kulit mati. Sehingga wajah selalu tampak berseri dan juga sehat alami.

  • Mempertahankan Kekenyalan Kulit

Membersihkan wajah juga bisa membantu mempertahankan kekenyalan pada kulit. Kulit yang sehat umumnya lebih kenyal dan berseri sehingga terlihat lebih menarik dan lebih cantic.

Bahan Dasar Pembersih Wajah

Setelah memahami manfaatnya, selanjutnya perlu juga mengetahui apa saja bahan dasar yang biasa digunakan untuk bahan pembersih wajah. Saat ini di pasaran ada berbagai macam jenis dan merek. Namun pada dasarnya ada dua macam bahan yang umum digunakan sebagai bahan dasar produk pembersih wajah. Bahan tersebut yaitu sebagai berikut:

  • Bahan Dasar Minyak

Sebagian besar pembersih wajah yang beredar di pasaran saat ini mengandalkan bahan dasar berupa minyak. Hal ini karena bahan dasar minyak dipercaya lebih pekat mengangkat kotoran dan lebih bersih saat digunakan. Namun demikian bahan ini tidak terlalu cocok untuk kulit berminyak dan lebih cocok untuk kulit yang kering.

  • Bahan Dasar Air

Selanjutnya ada pula produk yang berbahan dasar air, sehingga lebih ringan saat digunakan. Produk pembersih wajah jenis ini cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak sehingga resiko terjadi pengendapan minyak di wajah dapat dihindari.

Tips Mencari Pembersih Wajah Yang Cocok

Dari bahan dasar yang telah disebutkan di atas, maka tentu saat ini sudah lebih jelas, mana produk pembersih wajah yang paling sesuai untuk digunakan. Bila masih kesulitan, sebaiknya simak beberapa tips menarik berikut ini. Dijamin jadi tidak bingung menentukan mana produk pembersih wajah yang terbaik untuk dipilih.

  • Sesuaikan Jenis Kulit

Sebaiknya cari tahu jenis kulit yang dimiliki lebih dulu. Seperti yang diinformasikan sebelumnya, kulit berminyak lebih cocok dengan pembersih yang berbahan dasar air. Dengan mengetahui jenis dan tipe kulit maka lebih mudah untuk mencari produk yang tepat dan sesuai.

  • Perhatikan Bahan Dasarnya

Selanjutnya perhatikan pula bahan dasar yang digunakan. Pilih yang paling cocok dan nyaman untuk dipakai. Apakah yang berbahan dasar minyak atau berbahan dasar air. Jika sering menggunakan make up tebal, sebaiknya pilih bahan dasar minyak untuk wajah yang lebih bersih secara optimal.

  • Pastikan Tidak Terjadi Alergi

Sebaiknya lakukan pengujian lebih dulu terhadap produk yang dipilih. Pastikan tidak ada reaksi alergi yang terjadi. Karena beberapa orang memiliki kondisi kulit yang sensitif dan lebih beresiko mengalami alergi. Dengan mengetahui lebih dini tentu bisa menghindari resiko reaksi alergi yang bisa berbahaya terutama di daerah wajah.

  • Sesuaikan Dana

Terakhir yang tidak kalah penting yaitu menyesuaikan dana yang dimiliki dengan harga pembersih wajah incaran. Sebaiknya jangan memaksakan dan pilih yang harganya sesuai kemampuan saja. Pembersih yang mahal belum tentu lebih baik dan pembersih yang murah belum tentu lebih buruk. Sepanjang cocok digunakan, maka berapapun harganya tidak menjadi halangan atau masalah.

Langkah Membersihkan Wajah Secara Optimal

Setelah tahu mana produk pembersih wajah yang dipilih, penting juga lho mengetahui secara jelas langkah membersihkan wajah dengan optimal. Umumnya hal yang satu ini sering dianggap sepele, padahal efeknya cukup besar. Oleh sebab itu tidak ada salahnya meluangkan sedikit lagi waktu untuk memperhatikan apa saja langkah-langkah membersihkan wajah dengan pembersih berikut ini.

  • Gunakan Kapas Atau Secara Langsung

Pertama gunakan kapas jika memilih pembersih wajah semacam toner. Atau bila menggunakan sabun pembersih wajah maka bisa diusapkan langsung pada wajah.

  • Usap Merata

Selanjutnya usapkan secara merata ke seluruh permukaan wajah. Mulai dari daerah seputar dahi, hidung, pipi, dagu, mata dan seluruh sudut wajah. Utamakan untuk membersihkan area T pada wajah yang sering kali penuh dengan minyak, sehingga wajah bisa bersih secara optimal.

  • Gerakan Memijat

Kemudian untuk memastikan seluruh kotoran pada wajah terangkat sempurna, lakukan Gerakan memijat secara memutar pada wajah. Baik menggunakan kapas maupun menggunakan tangan secara langsung, lakukan hal ini berulang kali hingga wajah terasa benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang tersisa.

  • Jangkau Sudut Wajah

Jangan lupa untuk berusaha menjangkau seluruh sudut wajah. Baik di antara lipatan mata, daerah seputar hidung hingga area lekuk wajah lainnya. Hal ini untuk memastikan supaa kulit wajah bersih secara maksimal dan tidak ada area yang terlupakan atau tidak terjangkau.

  • Bilas Hingga Bersih

Sesudah membersihkan secara maksimal, selanjutnya bilas wajah dengan air bersih. Apabila menggunakan pembersih berupa toner atau cleanser, maka hal ini bisa dilewati dan lanjutkan dengan sabun pembersih wajah. Bila menggunakan produk seperti foam atau scrub, maka bilaslah menggunakan air secara merata hingga tidak ada sabun yang tersisa. Untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan menggunakan air hangat.

Nah, itulah sekilas informasi menarik bagi yang ingin mendapatkan pembersih wajah yang paling tepat. Tentunya ada banyak merek yang beredar di pasaran, sehingga sebagai konsumen kita harus jeli memilih mana yang paling sesuai dengan kulit wajah kita. Yang mahal belum tentu yang paling cocok, yang murah belum tentu juga tidak maksimal. Semua tergantung pada kriteria yang telah disebutkan di atas dan juga tergantung dana yang dimiliki. Dengan memilih secara jeli, tentu akan lebih mudah untuk menentukan aman pembersih wajah yang paling tepat untuk digunakan. Selamat memilih!.