Semarang merupakan salah satu ibu kota di Provinsi Jawa Tengah tentu di dalamnya memiliki beragam potensi wisata. Dengan berlibur ke semerang  dapat membuat waktu libur Anda menjadi lebih berwarna. Habiskan Waktu Liburan Di Semarang Dengan Naik Kereta pesan tiketnya di Traveloka. Sekarang ada fitur baru dari Traveloka loh yaitu Traveloka PayLatter jadi bisa bayar nanti pesan tiketnya sekarang, keren banget kan.

Beberapa destinasi wisata yang menarik dan yang memiliki nilai yang bersejarah di dalamnya dapat Anda kunjungi sambil menikmati suasana saat berada di Kota Semarang ini. Karena lokasinya yang strategis, Semarang memiliki potensi yang sangat lengkap, mulai dari pantai hingga cagar budaya dan wisata religi.

Tempat Wisata di Semarang:

Di bawah ini akan kami sajikan 5 tempat wisata di Semarang. Yang bisa Anda jadikan pilihan untuk berlibur akhir pekan ini.

  1. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur merupakan Air Terjun ini berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Air terjun dengan memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 100 meter ini lokasinya tidak jauh hanya sekitar kurang lebih 14 kilometer saja dari Kota Salatiga. Air terjun ini terletak di punggung Gunung Telomoyo dan langsung menghadap ke obyek wisata Rawa Pening.

Akan tetapi karena jalanannya sudah bagus dan dipagari indahnya ciptaan Tuhan di sekelilingnya membuat rasa lelah pun terbayar. Bahkan relief bebatuan selama perjalanan sudah cukup menarik untuk dijadikan latar belakang jepretan Anda.

  1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Semarang atas yang bisa untuk Anda kunjungi bersama keluarga.

Candi yang ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 ini memiliki sembilan buah candi, mungin itu yang membentuk nama candi songo. Karena dalam bahasa Jawa sendiri songo memiliki arti sembilan.

Candi Gedong Songo ini merupakan peninggalan dari zaman Wangsa Syailendra yang berjaya pada abad ke-9, yaitu sekitar tahun 927 Masehi. Candi ini terletak di ketinggian sekitar 1.200 mdpl dengan kesembilan bangunannya tersebar di lereng Gunung Ungaran.

  1. Tugu Muda

Salah satu tempat wisata yang berada di Semarang Selatan adalah Tugu Muda yang sangat populer karena mengandung unsur sejarah.

Tugu yang berbentuk seperti lilin ini mengandung makna semangat juang para pahlawan yang tidak pernah padam untuk mempertahankan kemerdekaan RI.

Tugu ini dibangun sebagai bentuk dari penghormatan terhadap pahlawan yang telah  gugur dalam terjadinya pertempuran lima hari di Semarang.

Tugu Muda mulai dibangun pada tanggal 10 November 1951 dan selesai dibangun pada tanggal 20 Mei 1953. Merupakan hasil rancangan Salim Hendro.

  1. Museum Ranggawarsita

Museum ini merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang dekat dengan Stasiun Poncol. Yang akan memberikan pengalaman serta pengetahuan baru bagi Anda. Museum Ranggawarsita yang diresmikan pada tanggal 5 Juli 1989 dengan jumlah koleksi di dalamnya mencapai 59.784 macam.

Alamat dari Museum Ranggawarsita berada di Jalan Abdul Rahman Saleh No.1 Kalibanteng Kulon, Semarang, Jawa Tengah.

  1. Kota Lama Semarang
  2. Simpamg lima merupakan jantung Kota Semarang yang sangat strategis karena menghubungkan jalan-jalan utama di Ibukota Jawa Tengah ini. Kota Lama Semarang

Merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang letaknya dekat dengan Simpang Lima yang merupakan Kota Lama yang menjadi pusat perdagangan pada abad 19-20.

Kawasan yang dijuluki “Little Netherland” ini memiliki luas sekitar 31 hektar yang memiliki 50 bangunan kuno. Bangunan-bangunan tersebut secara umum mengikuti arsitektur khas Eropa yang terlihat dari bentuk serta ornamen-ornamennya.

Beberapa bangunan kuno yang akan terlihat unik saat dijadikan latar belakang jepretan Anda seperti Gereja Blenduk dan Susteran Ordo Fransiskan. Kedua bangunan ini merupakan peninggalan yang telah berdiri lebih dari 100 tahun.