Stop Membuat Faktur Manual, Beralih ke Software Akuntansi

  • 2 min read
  • Jul 29, 2020
Stop Membuat Faktur Manual, Beralih ke Software Akuntansi

Sebagai seorang pemilik bisnis yang masih kecil atau masih merintis, membuat invoice menjadi pekerjaan sehari-hari yang biasa menggunakan document atau excel karena mungkin faktur yang dibuat belum terlalu banyak dan sudah terbiasa dengan template faktur yang digunakan. Padahal tidak sadar bahwa dalam membuat faktur yang akurat Anda banyak memakan waktu yang percuma.

Berikut adalah 5 tanda Anda harus stop membuat invoice manual:

  • Mengirim Faktur dengan Kesalahan

Mengirim faktur ke klien memakai word dengan menekan “save as” maka sudah akan tersimpan perubahan yang Anda buat. Terlihat mudah tetapi menjadi sulit ketika Anda memiliki kesalahan karena faktur yang Anda kirimkan, dikirim balik oleh klien Anda. 

Mulai dari kesalahan kecil seperti lupa mengganti nomor faktur, atau memperbarui tanggal kirim faktur sampai kesalahan besar karena perhitungan yang salah karena typo atau tidak terhitung dengan baik. 

Dengan begitu Anda harus kembali lagi ke dokumen, merevisi, memeriksa semuanya, baru mengirimnya lagi. Waktu terbuang untuk hal-hal seperti ini, maka Anda bisa menggantinya dengan softwareaccounting untuk melakukan perhitungan untuk Anda.

  • Kehilangan Dokumen

Riwayat faktur sangat diperlukan. Setelah banyak revisi walaupun jumlah faktur masih sedikit, Anda kadang lupa untuk menyimpan kembali faktur dan menaruhnya dalam suatu file. 

Pada akhirnya Anda harus menggali email sampai ketemu. Jangan biarkan ini terjadi lagi dan lagi. Cari alat yang dapat membantu Anda untuk tidak kehilangan faktur Anda ataupun kesusahan untuk mencarinya. Aplikasi keuangan online menjamin dokumen faktur anda tersimpan dengan baik.

  • Menemukan Kesalahan dalam Laporan

Memang dalam konsep penghitungan memakai excel sangatlah memudahkan. Bisa menambah, kurang, hingga mencari rata-rata. Tetapi tidak menjadikan segalanya menjadi sempurna. 

Diperlukan konsentrasi yang sangat tinggi karena Anda harus mengisi, membuat kerangka, dan memperbaikinya semua secara manual. Hal ini yang membuat pemakainya tidak sempurna. 

Maka accounting software membantu Anda untuk menyatukan faktur, pengeluaran, dan laporan secara otomatis. Anda hanya perlu memasukkan informasi yang benar dan semuanya akan diteruskan. Kalaupun ada kesalahan, Anda hanya perlu memperbaiki di suatu tempat tidak perlu ribet.

  • Mengalami Masalah Arus Kas

Arus kas menjadi kekhawatiran ketika memiliki bisnis kecil. Pengeluaran dan pemasukkan ada setiap hari Anda diwajibkan untuk menjadi teliti setiap hari. Sehingga Anda mengetahui secara jelas langkah apa yang bisa Anda lakukan dengan keuangan yang sekarang Anda punya di bisnis milik Anda. Arus kas yang jelas dan dapat diakses secara online sangat memudahkan Anda karena mengurangi masalah kas yang biasa terjadi.

  • Menghabiskan Waktu Untuk Faktur dan Pembukuan

Pembukuan di setiap sore atau bahkan dilakukan di akhir pekan menjadi tidak asing. Anda merasa bahwa melakukan pembukuan harus dengan baik maka Anda membolk waktu. 

Sering juga Anda mengirim faktur dengan cepat jadi jika ada kesalahan berkali-kali Anda dapat menyelesaikannya dengan cepat. Hal ini menunda sesuatu yang bisa Anda kerjakan dengan cepat dan tepat. Anda dituntut untuk melakukan pekerjaan ini dan juga mengelola bisnis yang sedang anda jalankan.

Ini bukan dua kegiatan yang mudah dan Anda bisa saja salah di beberapa saat karena memang harus membagi waktu yang tepat di antara keduanya. Serangkaian tugas ini dapat diselesaikan dengan bantuan software akuntansi untuk melakukan ini, serangkaian tugas mikro kecil ini sangatlah membantu Anda.

Jika 5 hal di atas sedang Anda hadapi atau pernah Anda lewati itu tandanya Anda harus mulai beralih dari sistem membuat faktur secara manual, dan percayakan melalui aplikasi akuntansi terbaik di Indonesia. Aplikasi Jurnal membantu Anda untuk mengurus faktur mulai dari membuat sampai menyimpannya secara efektif. 

Jurnal juga menyediakan 11 template atau desain faktur profesional yang memudahkan penggunanya untuk melakukan penagihan. Selain itu, pengajian juga juga langsung dikirimkan melalui email secara otomatis dan memperbarui pembayaran berupa notifikasi. 

Pembuatan faktur berulang juga dapat dilakukan di Jurnal. Coba 14 hari Jurnal sekarang juga, saatnya mengotomatisasikan faktur bisnis secara online.