Pengertian Fiber Optik dalam Dunia Telekomunikasi

  • 2 min read
  • Jul 27, 2021
Pengertian Fiber Optik

Pengertian fiber optik adalah untaian kaca fleksibel yang memiliki sifat sangat murni. Fungsinya adalah untuk metode telekomunikasi. Ukurannya sangat tipis layaknya rambut manusia. Untaian tipis ini mengirimkan sinyal digital dalam bentuk cahaya.  Setiap serat memiliki dua lapis plastik yang menjadi sarana pemantulan cahaya yang akan kembali ke sumber asal, dengan sedikit sekali unsur cahaya yang hilang.

Fiber tersebut dirancang dalam bundel secara khusus untuk melakukan fungsi dasar. Bundel tersebut dikenal sebagai kabel optik. Kabel tersebut nantinya terlapisi penyangga dengan lapisan luar akhir yang memberikan perlindungan ekstra dari kelembaban dan bahan perusak lainnya.

Fiber Optik adalah Faktor Krusial untuk Pengguna Komersial dan Pribadi

Mereka yang belum mengenal pengertian fiber optik perlu mengetahui pentingnya fungsi utamanya, terutama untuk kepentingan telekomunikasi. Komunikasi fiber optik bergerak melalui dua jenis utama kabel fiber optik. Laser bergerak melalui kabel fiber mode tunggal untuk mengirimkan sinyal. Sedangkan dioda pemancar cahaya terkirim melalui kabel multi mode.

Kabel multi-mode lebih tebal dan lebih berat daripada kabel mode tunggal. Prinsip dasar refleksi internal total bekerja dalam komunikasi serat optik untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari tempat asal ke tempat tujuan. Kabel  merupakan komponen penting sistem transmisi ini.  Selain itu, bagian fiber optik adalah perangkat yang menghasilkan sinyal cahaya dengan kode untuk melakukan transmisi melalui kabel.

Saat sinyal cahaya bergerak pada jarak tertentu, kelemahan sinyal yang terjadi akan disalin oleh regenerator optik. Sesuai namanya, regenerator optik meregenerasi sinyal cahaya untuk mengalir dengan kekuatan penuh melalui koneksi berikutnya.  Umumnya, kabel optik yang lebih pendek tidak memerlukan regenerator optik.   Optic receiver menerima sinyal cahaya berkode dan menerjemahkannya ke dalam bentuk yang dapat dibaca setelah sinyal sampai tujuan.

Selain telekomunikasi, teknologi komunikasi fiber optik adalah hal krusial terutama untuk sinyal Internet, perlengkapan medis yang memproduksi gambar, pemeriksaan saluran pipa dan saluran pembuangan serta sambungan televisi digital.  Kabel fiber optik memiliki manfaat lebih daripada kabel tembaga konvensional.

Keuntungan Penggunaan Fiber Optik

Keuntungan pertama akan penggunaan kabel fiber optik adalah unsur ekonomis. Kabel fiber optik lebih hemat apabila dibandingkan dengan kabel tembaga. Penyedia layanan telekomunikasi dapat mengurangi biaya jika mereka mengganti tembaga dengan serat optik.  Daya dukung yang lebih bagus untuk fasilitas percepatan koneksi juga lebih cepat dibandingkan dengan kawat tembaga.  Pelanggan juga dimudahkan dengan adanya transmisi sinyal lebih banyak pada satu periode tanpa gangguan berarti.

Selain itu, kabel fiber optik sangat fleksibel dan tidak makan banyak tempat. Kabel jenis ini pas untuk daerah kota yang tidak punya banyak ruang. Ruang terbatas yang ada digunakan dengan kabel saluran pembuangan, dan beberapa jaringan lainnya seperti instalasi saluran air minum. Kabel fiber optik lebih ringan dan tidak terlalu besar sehingga muat di tempat yang lebih kecil dan padat saluran. Teknisi juga lebih mudah mengangkutnya ke berbagai tempat pemasangan.  Fleksibilitas adalah keunggulan fiber optik sehingga kabel dapat ditempatkan di beberapa sudut dengan mudah.

Pemanfaatan Fiber Optik

Pengertian fiber optik adalah hal penting untuk penyedia jasa telekomunikasi atau jasa lain yang ingin mengurangi penggunaan tenaga listrik. Sinyal yang hadir dalam bentuk digital terjadi dengan cara yang natural, sehingga jaringan komputer dapat menangkapnya dengan cepat. Karena itulah, fiber optik tidak hanya mudah dan murah, tetapi juga lebih cepat.