Penerapan Strategi Pemasaran yang Tepat

  • 2 min read
  • Jul 24, 2021
Penerapan Strategi Pemasaran

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai strategi pemasaran yang efektif dilakukan di berbagai media online. Kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai hal tersebut, yaitu bagaimana cara penerapan yang tepat agar dapat meningkatkan jumlah penjualan dengan target yang sesuai. Penerapan yang akan kami berikan kali ini memang cukup mudah untuk dilakukan, namun sebelumnya harus anda pelajari dulu hal-hal yang berkaitan dengan strategi tersebut.

Dalam dunia bisnis dan usaha, pemasaran adalah hal yang paling penting untuk menunjang keberhasilan suatu bisnis tersebut. Melakukan pemasaran dengan cara yang tepat akan berdampak positif pada perjalanan bisnis anda, bahkan bisa jadi untuk jangka panjang.

Langkah Tepat untuk Penerapan Strategi Pemasaran

Untuk membantu anda memahami bagaimana strategi yang tepat, kami telah mengumpulkan beberapa langkah penerapan yang bisa digunakan.

1. Riset Segmentasi Pasar

Satu hal penting yang harus anda lakukan adalah melakukan segmentasi pasar dengan membagi beberapa kelompok. Ada tiga hal yang harus difokuskan pada penerapan yang satu ini.

  • Tentukan letak geografis, di daerah mana anda ingin memasarkan produk tersebut. Berapa kira-kira jangkauan yang anda sanggup, dan dimana kemungkinan daerah yang mempunyai potensi besar untuk penjualan produk anda.
  • Riset berdasarkan sementasi demografi, anda bisa membagi dan menentukan untuk siap produk yang ingin anda pasarkan. Pria atau wanita? Anak-anak, remaja, dewasa atau orang tua?
  • Mengenali calon pelanggan, anda bisa melakukan riset mengenai apa yang mereka butuhkan disana. Jenis produk apa yang cocok untuk dijual, hingga mungkin bisa jadi bagaimana trend transaksi disana? Apakah online atau offline?

2. Menentukan Target Pasar

Setelah anda melakukan penerapan mengenai pembagian diatas, selanjutnya adalah menentukan target pasar yang berpotensi besar untuk meningkatkan penjualan. Penerapan ini sangat penting sekali, karena jika anda salah dalam menentukan target pasar, kemungkinan besar produk yang dijual tidak akan laku. Sebagai contoh target yang salah, anda menjual sisir di lingkungan kuil, dimana para biksu disana tidak mempunyai rambut.

3. Market Positioning

Apakah anda berpikir bahwa usaha yang dijalankan tidak mempunyai pesaing? Kompetitor akan selalu ada, apapun usaha yang anda jalankan, entah itu memiliki saingan dengan jumlah yang banyak, atau sedikit saingan namun dikatakan berat. Disini anda membutuhkan market positioning dengan menunjukkan perbedaan produk yang anda miliki dengan produk lain.

Langkah ini juga bisa membangun brand produk anda agar lebih dikenal luas. Selain itu, anda juga bisa sedikit memberikan keunggulan dari perbedaan harga jika memang diperlukan. Karena sebagian orang akan melihat harga dulu baru kemudian kualitas.

4. Promosi

Hal yang terakhir adalah melakukan promosi dengan konten yang sudah disiapkan sebelumnya. Tidak perlu memberi janji yang tinggi, sewajarnya saja yang penting masuk akal bagi calon konsumen. Saat ini orang cenderung lebih cerdas dari sebelumnya, dan tingkat kepercayaan akan sebuah produk semakin menurun. Maka dari itu, inilah kesempatan anda untuk membangun kepercayaan dengan mereka. Anda bisa promosi menggunakan layanan SMS gateway terbaik dari K1NG Corporation.

Sebagai catatan penting, pemasaran tidak boleh dilakukan asal-asalan. Anda harus memikirkannya matang –matang, terutama dalam hal memberikan janji. Jika tidak, bukan hanya kerugian finansial saja yang akan dialami, namun kemungkinan produk anda akan ditinggalkan calon konsumen untuk selamanya.

Jika anda sudah sukses dengan penerapan strategi pemasaran diatas, jangan lupa untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Dapatkan loyalitas mereka untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.