Susu soya atau sering kita menyebutnya dengan susu kedelai merupakan merupakan susu nabati yang kaya akan gizi. Salah satu kandungan yang terdapat pada 240 ml susu soya maka terdapat 7 gram protein, lemak sebanyak 4 gram , karbohidrat sebanyak 4 gram , dan kalori sebesar 80-100. Kandungan gizi yang cukup banyak ini membuat susu kedelai sangatlah di gemari oleh masyarakat indonesia.

Untuk mendapatkan susu soya sendiri sangatlah mudah, karena sudah banyak sekali susu soya yang beredar di pasaran. Buat anda yang ingin mencoba membuat sendiri susu soya rumah, kali ini saya akan berbagi ilmu. Cara membuat susu soya, berikut adalah cara membuat susu soya.

Cara Membuat Susu Soya

Sebelum melangkah pada cara pembuatan, alangkah baiknya bila kita mengetahui terlebih dahulu alat dan bahan yang harus anda siapkan. Berikut adalah beberapa alat dan juga bahan yang harus anda siapkan.

Bahan Untuk Membuat Susu Soya atau Susu Kedelai

Biji kedelai

Pertama yang harus anda siapkan adalah biji kedelai sebayak setengangah kilogram. pastikan biji kedelai yang anda pakai merupakan biji kedelai yang berkualitas. karena nantinya akan mempengaruhi cita rasa yang di hasilkan.

Air mineral

Bahan yang kedua adalah air mineral sebanyak 10 liter

Gula

Bahan yang ke tiga adalah gula sebanyak 4 sendok makan saja. gula yang di gunakan dalam pembuatan susu soya adalah gula pasir.

Garam

Selanjutnya bahan yang di perlukan adalah garam sebanyak 1 sendok teh. garam berfungi untuk membuat gurih susu soya yang akan kita buat nanti.

Daun pandan

Bahan yang terakhir ialah daun pandan sebanyak 3 lembar, penggunaan daun pandan bertujuan untuk menambah cita rasa pada susu soya nantinya.

Itulah tadi bahan-bahan yang perlu anda siapkan terlebih dulu bila anda ingin membuat susu soya di rumah. Selanjutnya kita malai cara membuat susu soya, dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah saya uraikan di atas.

Cara Pembuatan Susu Soya

Rendam Biji Kedelai

Langkah yang pertama dalam pembuatan susu soya adalah dengan mencuci bersih biji kedelai. Setelah dirasa bersih selanjutnya anda rendam biji kacang kedelai tersebut selama kurang lebih 8 jam. Selanjutnya setelah proses perendaman selesai anda cuci lagi sampai bersih.

Blender biji kedelai

Selanjutnya setelah proses perendaman selesai, anda blender biji kedelai tersebut dengan di campurkan air sebanyak 10 liter. Tunggu sampai biji kedelai halus dan bercampur dengan air. Setelah biji kedelai di rasa sudah halus selanjutnya anda saring menggunakan kain. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan ampas kedelai.

Rebus Hasil Saringan Air Biji Kedelai

Setelah terpisah antara air dan juga ampas kedelai, anda tinggal merebus air saringan biji kedelai tersebut menggunakan api yang sedang saja. Masukan juga gula, garam dan juga daun pandan yang sudah anda siapkan sebelumnya. Aduk sampai merata dan tunggu sampai mendidih.

Saring Air Rebusan Kedelai

Langkah ke empat setelah air kedelai tersebut mendidih, anda tinggal menyaring air kedelai tersebut menggunakan kain katun. Supaya susu soya atau susu kedelai yang akan anda sajikan bebas dari kotoran. Setelah proses penyaringan selesai maka selanjutnya anda tinggal menyajikan susu soya tersebut. Usahakan susu soya yang tadi anda buat di simpan di tempat yang sejuk seperti lemari es. Hal tersebut bertujuan untuk susu soya tersebut bisa bertahan lama.

Mudah bukan cara membuat susu soya, ayo praktik di rumah anda. Buat orang rumah ketagihan dengan susu soya buatan anda.