Ada beragam kebutuhan primer yang harus dipenuhi manusia, salah satunya adalah air. Agar kebutuhan primer tersebut tetap terpenuhi, menjaga kelestarian sumber mata air jadi hal penting yang perlu dilakukan secara berkelanjutan. Lalu, bagaimanakah cara untuk menjaga kelestarian sumber mata air? Beberapa cara berikut bisa Anda coba agar dapat menjaga lingkungan kita dan kelestarian sumber mata air.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Sebab, lingkungan yang bersih merupakan tempat ideal untuk tinggal. Hal ini tak lepas dari penyebaran penyakit yang bisa diminimalisir pada lingkungan yang bersih. Dengan kata lain, lingkungan yang bersih bebas dari penyebaran penyakit berbahaya dan bisa membuat kita hidup lebih sehat.

Disamping bisa menjaga kesehatan karena lingkungan yang bebas dari virus penyakit, lingkungan yang bersih juga bisa menjaga kelestarian sumber mata air disekitar kita. Ketika lingkungan tidak bersih, maka sumber mata air juga akan bersih dan bisa kita manfaatkan dengan maksimal. Berbeda halnya jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan, sumber mata air akan tercemar dan membuat kelestarian sumber mata air terganggu sehingga membuat air bersih jadi semakin sedikit.

Mendaur ulang sampah

Saat memiliki sampah atau barang yang sudah tidak terpakai, pernahkah Anda berpikir untuk mengubahnya jadi sesuatu yang lebih bermanfaat? Ya, sampah yang kita miliki sehari-hari beberapa diantaranya masih bisa digunakan kembali agar lebih bermanfaat dan tidak terbuang secara sia-sia begitu saja. Proses ini bisa dikatakan sebagai daur ulang karena membuat suatu hal yang tidak berguna, menjadi kembali berguna hingga menghasilkan nilai jual yang tinggi.

Salah satu sampah yang bisa didaur ulang adalah botol plastik. Plastik bisa diolah menjadi berbagai macam benda bermanfaat seperti mini pot, dan beragam benda lainnya. Akan tetapi, mendaur ulang tidak hanya berguna untuk mengembalikan manfaat dari suatu barang yang sudah tidak digunakan. Disisi lain, mendaur ulang barang juga berguna untuk meminimalisir sampah dan menjaga kelestarian sumber air disekitar kita.

Guna menjaga kelestarian sumber mata air, selain dua langkah diatas, kita juga perlu melakukan konservasi Sumber air AQUA secara terpadu. Hal ini telah dilakukan juga oleh AQUA sebagai merek air mineral paling laris di Indonesia yang berkomitmen penuh untuk menjaga sumber mata air yang dimilikinya. Kunjungi laman resminya di link berikut sehataqua.co.id untuk mengetahui detail lengkapnya.