Memesan dan membeli tiket kereta api sekarang ini juga bisa dilakukan dengan secara online, yakni salah satunya dengan memesan dan membeli tiket kereta api lewat aplikasi atau website Traveloka. Ada banyak keuntungan jika beli tiket kereta api melalui Traveloka itu  yakni sebagai berikut.

Kepastian Tanggal Keberangkatan 

Tiket kereta api yang dipesan melalui aplikasi dan web https://www.traveloka.com/id-id/kereta-api dipastikan sah dan resmi dapat dipergunakan pada saat tanggal keberangkatannya dan stasiun tujuan sesuai yang tercantum pada tiket kereta api yang dipesan dan dibeli. Sejak Juli 2019 maka tiket kereta api sudah bisa dipesan mulai dari H-30 dari tanggal keberangkatannya, setelah sebelumnya bisa dipesan maksimal H-90.

Harga Resmi dan Ada Banyak Promo

Harga tiket kereta api yang tercantum di Traveloka adalah resmi dan sama sesuai dengan yang ditetapkan oleh PT. KAI dan bahkan calon pembeli bisa mendapatkannya dalam harga yang lebih murah karena di Traveloka sering diadakan program promo dan diskon. Pastikan untuk mengecek promo yang ada sebelum memesan tempat duduk tiket kereta api. Itulah salah satu keuntungan membeli tiket kereta api secara online, seperti di Traveloka itu, yakni karena bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah karena adanya program promo, diskon atau cashback dan satu lagi, yakni cara pembayaran yang mudah dan bahkan adanya fasilitas kredit untuk bayar belakangan atau program pinjaman pay later, dan semacamnya.

Menu Pilihan Lengkap

Melalui Traveloka bisa ditemukan jadwal perjalanan kereta api yang lengkap  baik itu meliputi jenis keretanya, stasiun tujuan dan stasiun awal keberangkatannya, juga kelas gerbong dan tempat duduknya di setiap tanggalnya. Mulai dari kelas ekonomi, bisnis atau eksekutif semua lengkap tersedia dan bisa dipilih sesuai tanggalnya. Selain rute langsung juga tersedia pilihan rute alternatifnya.  Seperti untuk rute Jakarta Surabaya itu ada dua jalur kereta api, yakni jalur utara dan jalur selatan, ataupun jika kehabisan tiket kereta api rute Jakarta Yogyakarta secara langsung, maka akan disediakan alternatif naik kereta lain dengan rute Jakarta Solo atau Jakarta Surabaya, yang melewati dan juga berhenti stasiun di Yogyakarta, atau jika tidak menemukan rute langsung dari Jakarta ke Banyuwangi misalnya, maka akan diberikan alternatif rute kereta dari Jakarta ke Surabaya yang lalu dilanjutkan dengan rute kereta dari Surabaya ke Banyuwangi, dan lain sebagainya.

Update Real Time dan Terintegrasi dengan PT. KAI

Jadwal dan rute kereta api yang tercantum di Traveloka tersebut juga selalu terupdate secara real time karena telah terintegrasi dengan PT. KAI.

Cara Pesan dan Beli Tiket Kereta Api yang Mudah dan Cepat

Cara pemesanan tiket keretanya juga mudah dan cepat, yakni cukup dengan memasukkan data tentang stasiun awal dan stasiun tujuan, serta tanggal keberangkatan, juga tanggal kepulangan, jika pp (tiket kereta api pulang pergi). Kemudian pilih jenis kereta apinya, dan lalu isikan data pemesan serta data para calon penumpangnya, kemudian bisa dipilih kelas gerbong dan tempat duduknya. Selanjutnya tinggal menyelesaikan tahap pembayarannya  dan tunggu beberapa saat hingga mendapat e tiketnya.

Cara Pembayaran yang Mudah dan Beragam

Cara pembayaran pemesanan tiket kereta apinya juga mudah dan bisa dilakukan dengan berbagai cara  yakni bisa dengan menggunakan kartu kredit atau transfer melalui ATM, atau melalui mobile banking atau internet banking, atau Direct Debit, seperti CIMB Click, atau Mandiri Clickpay, atau Mandiri Debit, atau BCA Klikpay dan juga bisa membayarnya melalui gerai minimarket yang terdekat, seperti Alfamart, Alfamidi, Alfa Express atau Lawson dan lain sebagainya.

Cetak Boarding Pass Mudah karena ada Barcode

Traveloka menyertakan barcode di e tiketnya, sehingga akan memudahkan dan akan mempercepat pencetakan boarding pass nya di gerai Cetak Tiket Mandiri yang ada di setiap stasiun kereta api.

Tersedianya Fitur Kemudahan

Inilah kelebihan Traveloka yang lainnya, yakni adanya fitur-fitur yang memudahkan pemesanan tiket kereta api, yakni sebagai berikut.

Fitur Passenger Quick Pick

Fasilitas Passenger Quick Pick ini sangat berguna bagi calon penumpang yang sering melakukan perjalanan dan bepergian dengan menggunakan kereta api atau moda transportasi yang lainnya yang juga disediakan oleh Traveloka, yakni  adanya cara praktis untuk mengisi data-data penumpang dengan secara akurat sekali saja.  Jadi tak perlu mengisikannya secara berulang kali di kemudian hari, karena data yang telah dan pernah dimasukkan akan tersimpan di data Traveloka, sehingga suatu saat jika akan melakukan pembelian tiket kereta api berikutnya, tak perlu lagi mengetikkan informasi data penumpang secara manual.

Fitur My Card

Lalu ada lagi  fitur My Card atau Kartu Saya yang penting dan memudahkan bagi para pengguna kartu kredit, karena bisa untuk menyimpan data kartu kreditnya hingga lebih dari satu buah kartu kredit guna mempercepat proses pembayaran.

Fitur Saldo UANGKU

Kemudian juga ada sistem pembayaran yang berupa dompet online yang dapat  diisi saldo hingga 1 juta rupiah. Saldo di fitur uangku tersebut nantinya dapat dipergunakan untuk melakukan berbagai transaksi di Traveloka, termasuk juga untuk pembayaran tiket kereta api dan lain sebagainya.

Tersedianya Call Center 24 Jam

Jika masih ada kebingungan atau yang kurang jelas maka bisa menanyakannya dengan menghubungi call center Traveloka yang disediakan selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tanpa libur, guna membantu memberikan penjelasan lebih lanjut dan lebih rinci lagi.

Demikianlah beberapa keuntungan dari memesan dan membeli tiket secara online di  Traveloka itu. Silahkan coba sendiri dan nikmati berbagai manfaat dan juga keuntungannya.