Terapi gangguan pendengaran harus dilakukan pada mereka yang mengalami masalah pada pendengarannya. Gangguan pada pendengaran sendiri akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dimana Anda bahkan tidak dapat produktif lagi dalam beraktivitas.

Penyebab dari gangguan pendengaran ini ada banyak macamnya. Salah satu aktivitas yang bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah pada gangguan pendengaran adalah dikarenakan sering mendengar suara yang keras. Selain itu, di bawah ini adalah penyebab lain dari gangguan pencernaan.

Gejala yang menandai gangguan pada pendengaran sendiri ada banyak macamnya. Beberapa gejala yang menunjukkan gangguan pendengaran adalah sulitnya untuk mendengar pembicaran secara jelas dengan orang lain. Anda juga sangat mungkin salah mendengar terutama apabila di kondisi ramai.

  1. Konduktif

Gangguan konduktif pada telinga disebabkan oleh adanya hambatan di dalam saluran telinga yang menyebabkan suara yang dihantarkan (konduksi) dari telinga luar menuju ke telinga tengah hingga ke dalam terganggu. Hambatan yang bisa menyebabkan masalah ini berbagai macam seperti tumpukan kotoran telinga, kerusakan pada gendang telinga, infeksi telinga ataupun sumbatan akibat benda asing di dalam telinga.

  1. Sensorineural

Sensorineural merupakan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada bagian saraf atau sensori di dalam telinga bagian dalam. Beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan Sensorineural adalah akibat seringnya terpapar suara keras, misalnya tentara yang sering mendengar ledakan keras. Selain itu, proses penuaan, adanya obat-obatan tertentu hingga faktor penyakit hingga genetic bisa menyebabkan gangguan Sensorineural.

  1. Faktor campuran

Hal ini meliputi kerusakan akibat gangguan konduktif dan Sensorineural.

Terapi pendengaran akan disesuaikan dengan penyebab dari gangguan pendengaran yang diderita. Terapi untuk penderita konduksi dilakukan dengan mengeluarkan sumbatan di dalam telinga. Untuk mengeluarkan tidak dilakukan dengan cara manual, terkadang dengan diberikan antibiotik untuk penderita infeksi telinga. Sementara untuk kasus berat terkadang harus melalui bedah.

Untuk mengatasi gangguan pendengaran dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu dengar untuk memperbaiki proses mendengar. Pusat alat bantu dengar Melawai menghadirkan beragam piranti alat bantu dengar yang bisa Anda pilih sesuai dengan keluhan pada pendengaran. Untuk memudahkan pemesanan, Anda bisa mengunjungi Pusatalatbantudengarmelawai.com.