Keren! Ini Dia Manfaat Minum Air Rebusan Kayu Manis untuk Tubuh

  • 2 min read
  • Aug 24, 2020
kayu manis

Sebagian orang ada yang tidak menyukai kayu manis untuk dikonsumsi meskipun aromanya cukup menyegarkan dan membuat tenang. Namun, rupanya rempah yang satu ini punya manfaat yang luar biasa karena banyak kandungan nutrisi baik di dalamnya. Setidaknya, di dalam rempah ini terdapat sumber potasium, mangan, magnesium hingga zat besi. Bahkan, rutin minum air rebusannya dianggap bisa memberikan efek luar biasa bagi tubuh. Apa saja manfaatnya?.

Kelebihan berat badan seringkali menjadi masalah bagi kebanyakan orang karena bisa menimbulkan masalah lainnya terlebih tidak baik untuk kesehatan. Namun, air rebusan yang dihasilkan dari kayu manis yang dicampur dengan madu bisa menjadi minuman terbaik untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Pasalnya, air rebusan kayu manis ini bisa menjadi metode detoksifikasi pada sistem imum yang membuat tubuh jadi mudah merasa kenyang.

Meningkatkan Sistem Imunitas

Imun yang kuat tentunya bisa membuat tubuh tahan dari berbagai serangan penyakit atau antigen asing yang bisa membahayakan tubuh. Rupanya air rebusan dari rempah yang satu ini ini bisa menghasilkan antioksidan yang tinggi. Beberapanya seperti zat polifenol yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Bahkan, air rebusannya pun punya sifat anti jamur dan bakteri yang bisa mencegah risiko penyakit. Dengan begitu, tubuh jadi kebal dan tidak mudah sakit.

Mengurangi Sakit Kram Saat Menstruasi

Salah satu masalah yang seringkali dikeluhkan oleh wanita adalah kram perut yang seringkali dirasakan ketika masa haid datang. Kram ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormonal atau karena peluruhan dinding rahim saat pengeluaran darah kotor. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, air rebusan kayu manis dipercaya mampu mengatasi masalah kram saat haid. Pasalnya, air rebusannya punya sifat analgesik bahkan anti koagulasi untuk mengurangi rasa sakit di tubuh.

Meningkatkan Kinerja dan Fungsi Otak

Otak memegang peranan penting dalam tubuh manusia. Pasalnya, dari segala aktivitas yang dilakukan selalu berkenaan dengan otak ini. Salah satu masalah yang kerapkali ditakuti oleh masyarakat pada otak yakni penyakit Alzheimer dan Parkison yang bisa membuat kinerja serta fungsi otak jadi melemah. Dengan rutin meminum air  rebusan rempah kayu manis ini, rupanya bisa membantu meningkatkan fungsi otak, meningkatkan konsentrasi, hingga mencegah otak dari kemungkinan adanya penyakit tersebut.

Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes seringkali jadi momok yang menakutkan, terlebih bagi orang-orang yang sudah memiliki riwayat keturunan penderita diabetes. Seperti yang diketahui, gangguan penyakit diabetes bisa diturunkan. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir pasalnya kandungan polifenol dan antioksidan yang ada di dalam kayu manis bisa membantu pengaturan kadar gula darah sehingga lebih stabil dan normal. Bahkan, menurut beberapa penelitian, rempah ini bisa membantu mengobati penyakit diabetis tipe 2.

Mempercantik Kulit

Memiliki kulit yang cantik dan  indah, pastinya idaman hampir semua orang khususnya wanita. Biasanya, kulit yang tidak sehat dikarenakan adanya radikal bebas atau bahkan racun yang bisa membuat jaringan kulit jadi rusak. Air rebusan dari rempah yang satu ini dipercaya bisa mengatasi juga berbagai masalah kulit. Bahkan, bisa membantu membuat kulit jadi lebih cerah, sehat, lembab dan tentunya terhalang dari radikal bebas.

Selain beberapa manfaat tersebut, air rebusan kayu manis pun bisa digunakan sebagai pencegah kanker. Untuk mendapatkan informasi lengkapnya tentang manfaat rempah yang satu ini, Anda bisa mengakses di aplikasi Halodoc. Sebagai aplikasi penyedia informasi dan solusi kesehatan terpercaya dengan beragam fitur serta layanan digital yang mudah digunakan oleh masyarakat. Bahkan, Anda juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter ahli sesuai masalah yang sedang Anda hadapi.