Pindah ke apartemen baru di kota Jakarta bisa menjadi pengalaman yang sangat menarik. Seperti kita ketahui, kota Jakarta adalah ibu kota Indonesia, yang menjadi ciri kota Modern Metropolis. Kota Jakarta juga memiliki beragam objek wisata menarik bagi para pelancong yang menjelajahi Jakarta Barat. Anda akan menemukan berbagai tempat wisata yang eksotis. Dengan meningkatnya keinginan untuk tinggal di ibukota, mencari penghasilan yang sesuai dengan keinginan kita bisa menjadi tugas yang sulit. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan langkah besar.

Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memilih apartemen di Jakarta Barat untuk disewa dan pastikan Anda siap menandatangani kontrak:

Temukan apartemen di Jakarta Barat

  1. Tetapkan anggaran. Pertimbangkan berapa banyak yang dapat Anda bayar dan ikuti “aturan” untuk tidak melebihi 30 persen dari penghasilan bulanan Anda. Fokus pencarian Anda pada anggaran Anda dan, bahkan jika Anda dipaksa untuk berkomitmen ketika Anda menemukan apartemen yang lebih besar di lokasi di Jakarta barat, bersiaplah untuk menghabiskan uang ekstra. Jika Anda mencari tempat yang lebih murah untuk disewa, cobalah layanan teman sekamar untuk berbagi apartemen, tetapi pastikan Anda tahu orang atau kebiasaan seperti apa yang ingin Anda hindari.
  2. Bagaimana cara mencarinya? Jika Anda tidak ingin layanan perantara karena biaya tambahan, coba cari koran, publikasi departemen apartemen, papan buletin kampus atau online. Anda akan tahu bahwa pasar harga sewa apartemen jauh lebih baik dan Anda bisa membuat keputusan yang tepat. Beri tahu teman Anda bahwa Anda sedang mencari apartemen untuk disewa dan mungkin mereka tahu sesuatu di gedung Anda.
  3. Apa yang harus dicari? Ambil selembar kertas dan tuliskan daftar kebutuhan Anda. Apakah Anda ingin bangunan yang tenang di dekat sekolah atau tempat kerja, memungkinkan hewan peliharaan dan parkir gratis? Bagaimana dengan mesin cuci piring atau fasilitas hiburan terdekat? Anda mungkin juga ingin mengunjungi lingkungan sekitar Jakarta Barat pada beberapa kesempatan. Melihat keindahan kota dan turnya di akhir pekan adalah pilihan yang baik, serta menentukan apakah daerah ini tepat seperti yang Anda harapkan. Semua ini diperhitungkan sebelum Anda memutuskan untuk tinggal di departemen wilayah barat Jakarta selama beberapa bulan atau tahun mendatang.

Persiapan keuangan dan dokumen apartemen.

Karena pemilik atau manajer apartemen ingin memastikan bahwa Anda adalah orang yang dapat membayar sewa bulanan tepat waktu. Anda mungkin harus melengkapi dokumen aplikasi dan membayar biaya aplikasi atau untuk laporan kredit KPR. Bersiaplah segera!

  1. Kurikulum penyewa. Seperti CV untuk lamaran pekerjaan, resume penyewa harus mencakup semua informasi sehingga menonjol dari pelamar lain dan meyakinkan pemilik apartemen bahwa itu akan menjadi penyewa yang baik dan dapat diandalkan. Referensi pribadi, alamat terakhir dengan nomor telepon pemilik apartemen, pendapatan bulanan atau salinan laporan kredit Anda akan membuatnya terlihat bagus di atas kertas, itulah yang Anda butuhkan.
  2. Fasilitas apa yang akan diperoleh? Sangat penting untuk mengetahui apakah sewanya mencakup AC, air, listrik, kabel atau koneksi internet, tetapi yang paling penting adalah mengetahui tagihan rata-rata di gedung. Tanyakan kepada pemilik apartemen, jika Anda ingin memastikan Anda tidak mendapatkan nomor tak terduga pada tagihan Anda.
  3. Baca dan pelajari kontraknya sebelum menyewa. Kesalahan umum yang biasa kita lakukan adalah tidak membaca kontrak secara langsung. Dapatkan salinan peraturan dan ketentuan, pastikan untuk tidak memeriksa semuanya dan, sebelum menandatangani kontrak, verifikasi apakah ini disebutkan:
  • Harga sewa dan informasi tentang uang jaminan Anda.
  • Apa alasan pemilik apartemen Anda untuk mengakhiri perjanjian sewa Anda?
  • Apakah ada penalti untuk pindah dari apartemen Anda sebelum kontrak selesai?
  • Apakah ada tanggung jawab dalam diri Anda untuk perbaikan dan sejenisnya?
  • Lihat apakah Anda harus membeli asuransi penyewa karena itu akan meningkatkan total biaya Anda
  • Apakah ada kebijakan pada tamu tamu?

Hal tersebut di atas yang patut untuk anda pertimbangkan ketika ingin sewa apartemen jakarta barat, semoga dapat membantu yaa.