Jasa Buat Website: Begini Cara Mudah Buat Website Bagi Pemula

  • 2 min read
  • Oct 02, 2020
Jasa Buat Website Begini Cara Mudah Buat Website Bagi Pemula

Perkembangan teknologi di era digital semakin pesat dan banyak digandrungi oleh masyarakat. Hal tersebut membuat pertumbuhan internet pun semakin banyak digunakan. Seperti yang kita tahu, internet ini sangat erat kaitannya dengan masalah website. Bahkan, segala sektor di kehidupan pun sudah menggunakan website ini. Tak heran, banyak masyarakat yang rela menghabiskan waktunya untuk membuat website atau memilih untuk menggunakan jasa buat website.

Pada dasarnya, baik membuat pribadi atau pun menggunakan jasa, itu tergantug pada diri Anda sendiri. Namun, berikut ini akan dirangkum beberapa cara membuat website yang bisa Anda aplikasikan. Yuk simak cara-cara mudahnya berikut ini.

Membuat Website Gratis

Kebutuhan akan website membuat masyarakat mengambil banyak langkah untuk merealisasikannya. Salah satu cara yang seringkali ditempuh adalah dengan membuat website secara gratis. Di mana Anda tidak perlu jasa buat website untuk menggunakannya karena bisa dibuat sendiri.

Saat ini banyak sekali platform yang menyediakan pembuatan situs atau blog secara gratis. Beberapanya seperti blogspot.com, WordPress.com, Wixsite dan lain sebagainya. Untuk membuatnya pun sangat mudah, hanya perlu mengunjungi situs platform resmi seperti blogger.com dan lakukan pendaftaran untuk membuat web.

Membuat Website Berbayar

Membuat website dengan mode gratis memang bisa dengan mudah dilakukan. Apalagi dengan tidak adanya keharusan membayar, membuat banyak masyarakat yang tertarik. Namun, sayangnya website gratis ini tidak punya banyak fitur. Seringkali fasilitas, layanan maupun fiturnya lebih terbatas. Sehingga tidak begitu cocok jika dibuat untuk urusan bisnis, untuk lomba website, konten, atau sarana promosi.

Berbeda halnya jika Anda membuat website berbayar yang tentu fitur dan layanannya pun lebih banyak. Di beberapa platform seperti Blogspot.com atau WordPress.com pun Anda bisa memaksimalkan situs gratis Anda dengan meng-upgradenya menjadi premium atau berbayar. Biasanya, ekstensi situsnya pun akan berubah yang asalnya blogspot.com, menjadi .com saja atau .id dan lain sebagainya. Tentunya, ketika Anda membuatnya ada biaya yang harus dibayar. Baik secara bulanan maupun tahunan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk membuat web di beberapa penyedia hosting atau domain yang banyak ditemukan di masyarakat. Anda hanya cukup membeli domain maupun hosting, lalu buat website Anda sendiri. Ada juga yang sekaligus menyediakan jasa buat website untuk mempermudah. Namun, kebanyakan hanya penyediaan hosting maupun domainnya saja.

Menggunakan Jasa Pembuat Website

Beberapa pilihan sebelumnya adalah cara membuat website dengan mudah di mana cara tersebut harus Anda aplikasikan sendiri. Dari mulai pendaftaran, pencarian nama domain, pengaturan template website, pengaturan tema, penataletakan konten, dan lain sebagainya. Meskipun Anda sudah mengeluarkan uang, tetap saja Anda harus mengatur situs Anda lebih detail agar bisa digunakan dan nyaman dilihat oleh masyarakat.

Namun, hal tersebut akan berbeda jika Anda menggunakan jasa pembuatan website. Anda tidak perlu memikirkan jasa hosting terpercaya, atau bahkan kode-kode yang harus diterapkan. Anda hanya perlu duduk dan kemudian mengunakan website yang sudah jadi lalu tinggal digunakan. Dengan penggunaan jasa tentunya lebih praktis dan cepat. Apalagi kebanyakan pihak jasa pun menyediakan tawaran layanan dan desain seperti apa yang diinginkan sehingga lebih menarik, bukan?

Pada dasarnya, beberapa cara tersebut bisa Anda pilih tergantung bagaimana keinginan dan kebutuhan Anda. Jika memang mau dan punya cukup waktu, membuat situsnya sendiri bisa dipilih. Namun, untuk mempermudah dan menghemat waktu atau tenaga, menggunakan jasa buat website bisa jadi pilihan tepat.