Jangan Panik, Simak 6 Cara Mengatasi HP Realme Macet Berikut Agar Handphone Berfungsi Normal Kembali

  • 2 min read
  • Jul 25, 2021
Cara Mengatasi HP Realme

Pasti kesal rasanya ketika HP Realme yang Anda punya mendadak macet aplikasinya disaat penting dan membuat HP tidak bisa digunakan untuk beberapa saat. Agar Anda bisa mengoptimalkan fungsi handphone Realme yang dimiliki, ini beberapa cara mengatasi HP Realme macet yang bisa dicoba.

  1. Merestart handphone

Cara paling mudah dan cepat ketika handphone Anda sudah tidak bereaksi saat tombol volume ditekan atau muncul tulisan aplikasi secara tidak sengaja terhenti adalah merestart handphone. Anda tidak perlu melakukan hal yang rumit, cukup tekan tombol power cukup lama hingga muncul pilihan restart handphone dan tunggu sebentar untuk mulai menggunakan handphone kembali. Cara ini relatif paling aman mengingat Anda tidak perlu mereset atau menghapus aplikasi apapun didalam handphone.

  1. Membersihkan cache aplikasi 

Cara mengatasi HP Realme macet lainnya yang bisa dicoba adalah membersihkan cache aplikasi pada handphone Realme. Cara ini cukup efektif untuk melonggarkan RAM handphone yang dimiliki ketika banyak aplikasi sering dibuka dalam waktu bersamaan. Pembersihan cache aplikasi bisa dilakukan secara manual. Caranya dengan membuka pengaturan lalu arahkan ke manajemen aplikasi. Di menu ini, Anda akan menemukan semua aplikasi yang diinstall di handphone, klik jenis aplikasi yang ingin dihapus cachenya. Saat aplikasi tujuan diklik, liat di bagian penggunaan memori dan klik hapus cache.

  1. Membersihkan memori cache 

Salah satu penyebab HP lemot atau macet tiba-tiba, bisa jadi karena memori cache handphone yang berhubungan dengan memori internal dalam kondisi penuh. Jika sudah begini, cara mengatasi HP Realme lemot bisa dilakukan dengan cara membersihkan cache memori yang biasanya ada pada memori internal handphone. Anda bisa mengklik bagian pengaturan, lalu masuk ke manajer telpon, di bagian atas akan terlihat berapa memori internal yang tersedia dan seberapa memori yang bisa dibersihkan. Klik bersihkan memori dan cache sistem yang masuk ke memori internal akan terhapus secara otomatis.

  1. Menghapus data aplikasi

Cara mengatasi HP Realme macet berikutnya adalah menghapus data aplikasi. Hal ini bisa dilihat saat Anda menjalankan aplikasi tertentu dan waktu loading yang dibutuhkan cukup lama. Umumnya, HP Realme lemot karena Anda terlalu banyak menyimpan media, seperti rekaman audio, gambar, atau video dari aplikasi tertentu seperti Whatsapp, Instagram, serta Telegram. Untuk melonggarkan penyimpanan internal dan RAM handphone, Anda bisa menghapus data aplikasi. Namun demikian, untuk data penting ada baiknya Anda menyimpannya secara terpisah lebih dulu. Hal ini karena menghapus data aplikasi akan memposisikan aplikasi ke posisi default atau seperti pada saat awal install. Cara hapus data aplikasi handphone agar Realme tidak mudah macet adalah masuk ke bagian pengaturan, masuk ke data aplikasi dan hapus data secara keseluruhan.

  1. Install ulang aplikasi

HP Realme yang mendadak lemot tidak termasuk kekurangan HP Realme yang perlu dikhawatirkan berlebihan. Saat HP Anda mendadak lemot atau macet, cara mengatasi HP Realme macet yang bisa dilakukan yaitu install ulang aplikasi yang kemungkinan crash dengan aplikasi lain dan menginstall aplikasi yang lebih update dan aman untuk operasional handphone.

  1. Factory reset 

HP Realme terbaru tipe apapun ketika mengalami hang atau lag bisa dikembalikan fungsinya setelah menerapkan factory reset. Untuk cara mengatasi HP Realme macet satu ini bisa dilihat di pengaturan dan pilih menu reset factory mode. Nantinya Anda bisa menyesuaikan pilihan reset yang ingin dicoba agar tidak kehilangan semua data di handphone.

Sumber: oppotutorial