Sumber: pinterest.com

Salah satu komponen laptop yang terbilang mahal apabila dibutuhkan penggantian karena kerusakan adalah LCD. Kerusakan LCD laptop bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa jadi karena ada kerusakan dari pabriknya sendiri atau kelalaian penggunanya. Dampak kerusakan yang sering timbul pada LCD laptop adalah seperti tampilan bergetar, tampilanĀ  bergaris, warna kurang tajam atau hingga lampu layar yang mati.

Desktop PC sebenarnya terbilang lebih kuat jika dinyalakan seharian dibandingkan dengan daya tahan laptop. Jika dinyalakan terlalu lama, maka laptop bisa mengalami overheat walaupun laptop mempunyai sistem pendinginan. Timbulnya panas berlebih pada laptop bisa menyebabkan kerusakan pada komponennya, salah satunya kerusakan layar LCD laptop. Umumnya, kerusakan pada LCD sulit untuk diperbaiki dan harus dilakukan penggantian komponen.

Faktor lain yang juga bisa membuat layar LCD laptop jadi rusak adalah cara penggunaan serta perawatannya yang kurang benar. Lalu, bagaimana cara merawat LCD laptop yang benar agar bisa tahan lama? Nah, di artikel kali ini kami akan membahas tentang cara merawat LCD laptop yang benar agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut rangkumannya.

  • Membatasi Waktu Penggunaan Laptop

Membatasi Waktu Penggunaan Laptop

Sumber: pinterest.com

Usahakan untuk menghindari penggunaan laptop yang lebih dari 5 jam lamanya. Karena hal ini bisa membuat komponen yang ada di dalam LCD laptop panas. Dan panas itulah yang umumnya akan berpengaruh ke sel liquid dan juga komponen lainnya. Salah satu solusi terbaik untuk menghindari terjadinya kerusakan pada LCD laptop adalah dengan mengistirahatkan laptop minimal 20 menitan supaya panasnya hilang. Setelah itu barulah kamu bisa menyalakan dan menggunakannya kembali.

  • Atur Contrast dan Brightness

Atur Contrast dan Brightness

Sumber: pinterest.com

Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya agar LCD laptop milikmu tidak cepat rusak adalah dengan mengatur contrast dan Brightness pada layar LCD. Sebisa mungkin atur kedua fitur tersebut dengan level normal, jadi tidak terlalu terang ataupun terlalu redup. Harga LCD yang mahal pastinya bisa bikin kantong bulanan kamu jebol, meskipun terbilang sederhana tapi hal ini juga bisa menyebabkan LCD pada laptop kamu rusak, lho.

  • Aktifkan Time Off LCD

Aktifkan Time Off LCD

Sumber: pinterest.com

Kamu bisa mengatur time off LCD jika beberapa menit tidak digunakan. Jadi LCD laptop otomatis akan mati atau standby dengan maksud untuk menghemat daya tahan LCD. Coba atur pada bagian power option jika sedang menggunakan windows, maka otomatis akan mati apabila sedang tidak digunakan beberapa menit. Hal ini tentu dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada LCD laptop.

  • Perhatikan Penggunaanya

Perhatikan Penggunaanya

Sumber: pinterest.com

Maksud dari penggunaan disini adalah ketika kamu membuka atau menutup laptop, sebisa mungkin untuk melakukannya dengan cara yang benar dan tepat. Jangan membuka dan menutup laptop dengan cara keras atau paksa. Sehingga tidak akan membuat monitor dan LCD pada laptop kamu jadi rusak.

  • Bersihkan LCD Secara Teratur

Bersihkan LCD Secara Teratur

Sumber: pinterest.com

Saat akan membersihkan LCD laptop ada baiknya pakai cairan khusus untuk pembersih LCD dan bisa dibantu dengan perlengkapan pembersih lainnya. Seperti kain halus dan sikat kuas. Biasanya sudah tersedia lengkap semua kebutuhan tersebut di cleaning kit untuk LCD yang bisa kamu temui di pasaran. Lakukan cara ini secara teratur dan benar, ya.

  • Hindari Menutup Laptop saat Kondisi Masih Panas

Hindari Menutup Laptop saat Kondisi Masih Panas

Sumber: pinterest.com

Hal ini biasanya sering dilakukan oleh mereka yang sibuk dengan pekerjaannya. Padahal hal ini bisa menimbulkan bercak-bercak warna putih di layar LCD laptop miliknya. Bahkan dapat timbul warna putih hingga 3 cm atau sampai lebih. Tidak mau kan LCD laptop Asus kamu muncul seperti itu? Dan akhirnya mau tidak mau LCD laptop milikmu pun harus dilakukan penggantian. Harga LCD laptop Asus bisa dibanderol kisaran Rp 300 ribu hingga Rp 1.5 jutaan. Tergantung model laptop yang kamu punya.

Bagaimana, cukup mudah merawat LCD laptop bukan? Dengan melakukan perawatan yang tepat dan benar maka dapat mengurangi terjadinya dampak buruk pada LCD laptop kita. Sepertinya itu saja informasi yang bisa kami berikan untuk kamu para pembaca semua. Baca juga informasiĀ 5 Rekomendasi Sewa Mobil untuk Wisata di Bali.