Bagi Anda yang berperan sebagai tulang punggung keluarga, memiliki asuransi jiwa sangatlah penting. Pasalnya jenis asuransi ini sangat berguna untuk memberikan perlindungan kerugian finansial pada keluarga jika sumber nafkah keluarga terputus dikarenakan adanya resiko, seperti kematian, kecelakaan yang menyebabkan tidak bisa bekerja, sakit parah, dll. Kematian merupakan sesuatu yang tidak bisa dipastikan dan tidak bisa dihindari. Asuransi jiwa ini akan menanggung kebutuhan finansial keluarga yang ditinggalkan, sehingga kelangsungan hidup keluarga terjamin. Ada jenis asuransi jiwa yang bisa dipilih, yaitu asuransi jiwa murni dan asuransi unit link.

Untuk asuransi unit link merupakan asuransi yang menggabungkan manfaat asuransi sebagai proteksi dan juga investasi. Berbeda dengan asuransi yang murni atau sering disebut dengan nama asuransi term life memiliki karakteristik, sebagai berikut:

  • Memberikan perlindungan selama jangka waktu tertentu antara 5-20 tahun. Setelah lewat masa ini maka proteksi asuransi jiwa akan hilang.
  • Manfaat meninggal akan diberikan apabila tertanggung meninggal saat masih dalam masa pertanggungan dengan dana sebesar 100% uang pertanggungan.
  • Jika selama masa pertanggungan tidak mengalami resiko musibah, maka premi yang sudah dibayarkan tidak akan dikembalikan, alias hangus.

Meskipun ada satu kekurangan asuransi jiwa murni dilihat dari karakteristik yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu premi tidak akan dikembalikan sama sekali jika tidak mengalami resiko musibah. Namun jenis asuransi jiwa yang satu ini menjadi pilihan terbaik untuk keluarga. Alasannya sebagai berikut:

  • Premi murah.

Ini salah satu alasan kenapa asuransi jiwa jenis ini cocok untuk keluarga, yaitu harga premi lebih terjangkau. Jika dibandingkan dengan asuransi jiwa unit link, asuransi murni akan terlihat sekali lebih murah.

  • Uang pertanggungan yang besar.

Jenis asuransi jiwa ini dari segi pertanggungan memberikan dana yang paling besar hingga 100%. Hal ini dikarenakan asuransi murni lebih fokus pada proteksi perlindungan, tidak ada embel-embel investasi seperti pada asuransi jiwa unit link.

  • Premi flat, tidak berubah.

Selama jangka waktu asuransi, pemegang polis hanya perlu membayar premi flat atau sama setiap bulannya hingga akhir masa asuransi.

  • Tidak ada investasi.

Hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa asuransi kurni cocok dipilih. Karena tidak adanya investasi di dalamnya, maka premi yang dibayarkan menjadi lebih murah dan uang pertanggungan jauh lebih besar.

  • Cocok untuk proteksi dana pendidikan.

Proteksi dana pendidikan merupakan salah satu aplikasi dari asuransi murni. Selama ini orang tua menabung untuk membiayai pendidikan anak dan melupakan proteksi untuk dirinya sendiri. Jika orang tua mengalami musibah, pastinya bisa menghambat finansial untuk menyekolahkan anak-anak mereka. Untuk itu perlu proteksi dengan asuransi jiwa.

  • Bisa dibeli dengan banyak rider.

Keunggulan asuransi jiwa murni adalah bisa dibeli oleh banyak rider atau asuransi tambahan. Dimana akan memberikan manfaat, berupa asuransi kesehatan pribadi, pembebasan pembayaran premi jika tidak mampu membayar lagi karena sakit atau kecelakaan, serta manfaat jika mengalami resiko meninggal atau cacat akibat kecelakaan.