Xiaomi Redmi 6A merupakan salah satu produk dari dua smartphone seri Redmi 6 yang sudah dirilis pertama kali di Tiongkok pada bulan Juli 2018 lalu. Sebagai seri penerus dari Xiaomi seri Redmi 5A, smartphone ini sudah mengalami beberapa peningkatan dari spesifikasinya. Salah satunya yakni pada sektor tampilan dimana Redmi 6A sudah dibekali layar kekinian yang jauh lebih luas dari Redmi 5A. Berkat kehadiran layar IPS LCD seluas 5.45 inci dengan resolusi 1.440 x 720 piksel dan aspek rasio 18:9, ponsel ini pun disebut-sebut mampu menyuguhkan gambar yang lebih jernih dan vivid dibanding para kompetitornya.

Soal dapur pacu, Xiaomi memang mencoba sedikit bereksperimen dengan menjejalkan chipset MediaTek Helio A22 quad-core berkecepatan 2.0GHz kedalam ponsel ini. Sangat disayangkan memang, padahal di seri sebelumnya dari Xiaomi menggunakan balutan SoC Qualcomm Snapdragon. Meski begitu, performa prosesor Redmi 6A tersebut tidaklah terlalu jauh berbeda, apalagi jika mengingat kinerjanya sudah didukung oleh RAM 2GB dan penyimpanan internal sebesar 16GB. Jika dirasa masih kurang kapasitas tersebut juga masih bisa diekspansi lagi dengan microSD hingga 256GB. Adapun untuk urusan kamera, smartphone ini menjagokan lensa utama beresolusi 13MP lengkap dengan lampu flash LED yang di desain mirip seperti konfigurasi kamera ganda pada umumnya. Sementara untuk kamera selfie masih mengandalkan sensor 5MP dengan dukungan mode AI beautify yang bisa mengoptimalkan hasil foto. Agar terlihat semakin powerfull di mata para penggunanya, Xiaomi Redmi 6A juga sudah mendukung perangkat face unlock yang berjalan diatas perangkat antarmuka MIUI 10. Smartphone ini tidak mendukung sensor perangkat sidik jari pada bagian cover belakang seperti seri Redmi 6.

Brand Terbesar Kedua di Indonesia

Tahun 2018 menjadi salah satu tahun paling bersejarah bagi perjalanan bisnis Xiaomi di industri ponsel pintar global. Pasalnya, selain cukup sukses melantai di bursa saham Hongkong mereka juga berhasil merangsek masuk ke urutan kedua brand terbesar di Indonesia. Popularitasnya hanya kalah dari Samsung yang sudah sejak beberapa tahun terakhir memuncaki kepemimpinan pasar smartphone Tanah Air berkat adanya dukungan dari channel managemen efektif untuk menggerakkan inventaris produk dengan cepat. Lewat peluncuran Xiaomi Redmi 6A ini diharapkan perusahaan bisa kembali mendongkrak angka penjualan di Indonesia agar semakin mengkokohkan diri sebagai salah satu pabrikan ponsel menengah dengan harga kompetitif. Namun, Xiaomi juga tak boleh lengah dan cepat puas, pasalnya eksistensi produk mereka sedikit demi sedikit mulai tergerus oleh kehadiran brand semacam Realme, Infinix, ataupun Meizu yang sama-sama menargetkan kelas entry-level.

Kelebihan Xiaomi Redmi 6A:

  • Harganya sangat terjangkau.
  • Menawarkan performa yang cukup bisa diandalkan untuk mengeksekusi kebutuhan sehari-hari.
  • Layar Full View display kekinian.
  • Punya face access yang lumayan cepat saat digunakan di tempat terang.
  • Harga xiaomi redmi 6a hanya 1 Jutaa.

Spesifikasi tentang Xiaomi Redmi 6A:

TipeTipeSmartphone , Bezel-less Phone
ShapeBar
DasarOSAndroid
OS verMIUI 9 (Android 8.1 Oreo)
SIMNano SIM , Dual SIM , Dual Standby
CPUMediaTek MT6761 Helio A22
Quad-core Cortex-A53
Kecepatan CPU2.0 GHz
Storage16GB , 32GB
RAM2GB , 3GB
External StorageUp to 256GB
Battery3000 mAh
Built-in rechargeable battery
5V/1A charging
LayarUkuran Layar5.45 inches
ResolusiHD+ 1440 x 720 pixels (18:9)
NetworkTipe2G , 3G , 4G (LTE)
2GGSM (B2/3/5/8)
3GWCDMA (B1/2/5/8)
4G (LTE)TDD-LTE (B38/40)
FDD-LTE (B1/2/3/4/5/7/8/20)
SpeedHSPA, LTE
KameraKamera Utama13MP
Kamera Depan5MP
LainnyaFiturWi-Fi , Hotspot/Tethering , GPS , Bluetooth , Flash , Face Unlock , 3.5mm Headphone Jack
UkuranDimensi147.5 x 71.5 x 8.3 mm
Berat145 g