Harga Timbangan Digital yang Populer Saat Ini

  • 4 min read
  • May 30, 2020
Timbangan Digital untuk Kopi

Harga timbangan digital saat ini sudah mengalami kenaikan dikarenakan keragaman dari jenis timbangan digital ini. Memang dibuat beragam jenis karena pada dasarnya timbangan digital ini akan menggantikan peran dari timbang  biasa. Selain mudah untuk digunakan, timbangan digital juga gampang mengoperasikannya kapan saja.

Sekali mengangkut beban, maka timbangan digital akan segera menampakkan angka sesuai berat benda yang ada di badan timbangan digital. Timbangan manual, si pemilik atau penimbang harus memperkirakan dulu angka penunjuk berat benda secara pasti. Dan kebanyakan memang tidak pas takaran atau timbangannya.

Sebelum mengulas lebih mengenai timbangan digital, perlu diketahui apa itu timbangan digital. Timbangan digital adalah suatu jenis timbangan yang bekerja secara elektronis dengan tenaga listrik. Dan, timbangan digital ini terbukti memiliki akurasi tinggi dalam pembacaan angka. Timbangan digital ini menggunakan tenaga listrik arus lemah dan terdapat indikator angka yang terlihat pada bagian bawah timbangan.

Timbangan Buah di Supermarket

Timbangan Buah di Supermarket

Timbangan buah di supermarket juga kebanyakan berjenis timbangan digital. Timbangan buah ini biasanya digunakan untuk menimbang buah mulai dari berbentuk kecil atau besar. Harga timbangan digital yang biasa digunakan menimbang buah di supermarket ini berkisar antara 500an ribu rupiah hingga satu jutaan.

Timbangan ini umumnya memiliki panjang 34 cm, lebar 32 cm dan tinggi 11 cm. Beda merek juga akan berbeda ukuran panjang, lebar dan tingginya namun tidak akan jauh-jauh dari yang sudah ada. Ukuran yang cukup kecil sehingga timbangan ini gampang untuk dimobilisasi ke mana-mana tanpa harus meminta bantuan orang lain.

Timbangan buah ini ada yang tetap menggunakan listrik saat digunakan dan ada yang tidak menggunakan sumber listrik tetapi bisa diisi ulang baterainya saat sudah mulai habis. Timbangan buah ini memiliki keuntungan dalam berjualan karena ada timbangan buah yang langsung bisa diatur untuk harga per kilogram dari buah yang dijual dan langsung terdapat kalkulasi harga yang harus dibayarkan oleh pembeli.

Cukup mudah bukan? Dan banyak macam timbangan buah ini juga bisa difungsikan untuk menimbang selain buah yaitu sayuran, laundry, daging atau benda lain yang ukurannya kecil dan muat pada timbangan tersebut. Selain mudah pengoperasiannya, timbangan buah ini juga multifungsi.

Timbangan Digital untuk Kopi

Harga Timbangan Digital untuk Kopi

Berikutnya timbangan digital lainnya adalah timbangan kopi, harga timbangan ini untuk menimbang jumlah berat kopi ini biasanya dibanderol dengan harga yang relatif cukup murah yaitu berkisar antara 50 ribuan hingga satu juta lima ratus ribuan rupiah. Harga yang cukup fantastis murahnya, bukan. Hal ini dikarenakan timbangan kopi berurutan lebih kecil ketimbang timbangan buah yang biasanya ada di supermarket.

Mayoritas ukuran timbangan kopi ini adalah panjang 12 cm, lebar 10 cm dan tinggi kurang dari 2 cm. Sama seperti timbangan buah, ukuran ini bervariasi karena beda merek akan juga berbeda ukuran. Timbangan kopi ini juga memiliki batas berat maksimum yaitu 1 kg saja. Sedangkan berat timbangan kopi ini rata-rata adalah kurang dari 300 gram, cukup ringan untuk di bawa ke mana-mana.

Timbangan kopi ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk membuat kopi menjadi lebih enak karena terdapat menghasilkan presisi jumlah kopi dan volum air yang pas ketika diseduh. Anda jadi mengetahui berapa banyak kopi yang Anda butuhkan untuk membuat secangkir kopi sehingga kopi tidak terbuang sia-sia.

 Timbangan kopi ini biasanya sangat dibutuhkan di tempat-tempat yang menjual kopi dengan kopi murni yang menggunakan jasa orang penyeduh kopi profesional dalam penyajiannya. Jadi, akan sangat jarang Anda temui timbangan kopi pada warung-warung kopi pinggir jalan yang biasanya menggunakan ukuran sendok untuk menakar kopi sebelum diseduh.

Harga Timbangan Digital Kitchen Scale

Kisaran harga timbangan digital yang biasa digunakan untuk mengukur berat benda di dapur atau yang sering disebut kitchen scale ini adalah antara Rp40000-Rp800000an. Anda bisa membeli kitchen scale ini di toko elektronik atau melalui online shop. Untuk kapasitas benda yang dapat ditimbang pada timbangan digital ini adalah 10 kg dengan ukuran timbangan yang lebih kecil dari timbangan buah. Ukuran timbangan digital umumnya adalah 25 x 17 x 4 cm.

Anda dapat menggunakan timbangan digital kitchen scale ini untuk menimbang bahan makanan dalam jumlah yang minimal. Salah satu tips dalam memilih timbangan kitchen scale adalah pilih timbangan kitchen scale yang tahan air dan  mudah dibersihkan. Seperti yang Anda ketahui bahwa timbangan ini akan sering berkutat pada area dapur, dimana area dapur ini sangat lembab dan banyak air sehingga sangat diperlukan tips di atas agar timbangan digital tidak mudah rusak.

Harga Timbangan Digital Untuk Menimbang Emas

Emas adalah barang berharga yang juga memiliki berat dalam ons atau gram bahkan kilogram. Untuk menakar jumlah gram emas, biasanya juga menggunakan timbangan digital meskipun masih juga beberapa toko yang menggunakan timbangan analog.

Dengan timbangan digital, jumlah berat emas akan terlihat dengan presisi dan tepat sehingga sama-sama diuntungkan baik penjual maupun pembelinya. Untuk itu, jika Anda adalah selaku pembeli emas atau pemilik toko emas tentunya membutuhkan timbangan digital emas ini, malahan wajib memiliki.

Harga timbangan digital yang umum digunakan untuk menimbang emas ini kisaran harganya adalah 30rbu rupiah hingga 150an ribu rupiah. Harga untuk timbangan digital ini relatif sangat murah ketimbang harga timbangan digital lainnya seperti buah, kopi maupun kitchen scale dikarenakan ukurannya yang mini. Ukurannya yang mini sehingga bisa dimasukkan ke dalam saku baju. Dimensi dari timbangan digital ini adalah seukuran kalkulator atau mungkin lebih besar sedikit. Kapasitas benda yang ditimbang pun juga terbatas dan relatif kecil, di bawah 1 kg.

Timbangan Pocket

Timbangan pocket ini hampir sama dengan timbangan emas berdasarkan ukirannya dan rata-rata harga timbangan digital ini adalah di bawah seratus ribu rupiah saja. Harga yang cukup terjangkau jika ditilik dari manfaatnya. Anda dapat membawa timbangan digital kecil ini ke mana-mana dan kapan pun dalam saku dan tas Anda. Fungsi timbangan digital ini sangat beragam namun terbatas untuk benda-benda kecil saja.

Untuk menjaga keawetan timbangan digital khususnya yang pocket atau berbentuk mini, berikut adalah beberapa tipsnya yaitu jangan meletakkan sembarang benda dengan berat di luar kemampuan kapasitas timbangan karena akan membuat timbangan menjadi rusak dan tidak presisi seperti semula.

Selanjutnya, ganti baterai paling tidak 6 bulan sekali agar timbangannya selalu tepat. Lalu, jangan lupa untuk selalu membersihkannya dan sering memakai timbangan digital. Ini harus rutin dilakukan karena semata-mata untuk menjaga kualitas timbangan digital tersebut. Jadi, meskipun harga timbangan digital murah namun perlu perawatan agar selalu akurat dan tahan lama.

Demikian sekilas informasi mengenai beberapa timbangan digital dan harga timbangan digital tersebut yang bisa Anda jadikan referensi. Merek apapun dengan harga berapapun dari timbangan digital ini asal Anda rutin merawatnya maka timbangan ini akan awet dan tahan lama. Keakuratan pengukuran juga sangat dibutuhkan agar tidak terjadi kesalahan fatal dalam pengukuran dan pemberian harga benda atau barang tersebut.