Sudahkah Anda menggunakan alat pemanas air di rumah? Di masa sekarang ini, kebutuhan pemanas air semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat akan manfaat air hangat. Mungkin sebagian besar dari Anda sudah menggunakannya, namun bagaimana dengan konsumsi listrik di rumah Anda? Tentunya peningkatan konsumsi listrik tak dapat dihindari dengan adanya penggunaan pemanas air untuk mandi. Tetapi tahukah Anda bahwa saat ini sudah tersedia pemanas air mandi hemat listrik di sekitar kita? Untuk menjawab kebutuhan para konsumennya, saat ini sudah banyak produsen pemanas air yang menciptakan pemanas air hemat listrik. Namun apakah alat tersebut benar-benar hemat listrik?

Sebelum mengetahui seberapa baik sebuah alat pemanas air dapat menghemat energi, kita harus mengetahui keunggulan dari pemanas air jenis ini terlebih dahulu. Pemanas air bertenaga listrik dapat dikatakan sebagai jenis pemanas air paling modern, dan juga biasa digunakan di rumah tangga modern. Karena modern, maka pemanas air listrik memiliki desain yang modern dan futuristik pula jika dibandingkan dengan yang lain. Dengan desainnya yang modern, tak sedikit rumah mewah pribadi atau apartemen meggunakan pemanas air jenis ini untuk kebutuhan air mandi. Meski memiliki desain yang eyecatching, harga pemanas air jenis ini juga cenderung tidak mahal.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa dengan menggunakan pemanas air bertenaga listrik, Anda harus siap akan peningkatan konsumsi listrik yang lebih besar daripada sebelumnya. Lalu apa solusi untuk tetap menggunakan pemanas air listrik namun dapat mengurangi konsumsi listrik sehari-hari? Jawabannya cukup sederhana, gunakan pemanas air listrik yang mempunyai teknologi hemat listrik. Jika berkunjung ke toko bangunan, mungkin Anda akan dengan mudah menemukan pemanas air bertenaga listrik dengan label “efisien” atau “hemat energi” dan sebagainya. Namun Anda harus memastikan bahwa alat pemanas tersebut benar-benar hemat energi dan berkualitas karena akan mempengaruhi daya tahannya juga.

Pemanas Air Merk Apakah yang Paling Hemat?

Banyak produk pemanas air di pasaran yang dapat Anda pilih. Dan Anda akan dengan mudah menemukan brand-brand berkualitas seperti Ariston misalnya. Untuk produk dari perusahaan terkemuka sekelas Ariston, biasanya fitur penghematan energi yang dicantumkan memang nyata, tidak main-main. Untuk beberapa produk pemanas air listrik dari Ariston bahkan dapat mengurangi konsumsi energi hingga mencapai 50%. Sebuah angka yang fantastis bukan? Tentunya pengurangan konsumsi listrik sebanyak itu akan sangat berpengaruh dalam sebuah rumah tangga. Apa yang membuat penggunaan pemanas air listrik yang hemat energi menjadi sengat penting?

Pemanas air listrik memiliki waktu kerja yang sangat singkat untuk memanaskan air. Dengan adanya penggunaan tenaga listrik sebagai sumber energinya, pemanas air ini dapat memanaskan air berkali-kali lipat lebih cepat dari jenis pemanas air yang lain. Atas faktor kecepatan tersebut, maka ada harga yang harus dibayar yaitu konsumsi listrik yang besar. Oleh karenanya, saat ini sudah menjadi keharusan jika kita memilih pemanas air mandi hemat listrik daripada yang standar. Bayangkan, tanpa fitur hemat listrik, berapa banyak biaya yang harus kita keluarkan karena menggunakan pemanas air listrik. Dengan adanya fitur hemat listrik, maka kita tetap mendapatkan air hangat secara cepat dengan konsumsi daya listrik yang lebih rendah.

Di masa sekarang yang serba instan dan segalanya dituntut untuk serba cepat, tentu kebutuhan akan efisiensi waktu sangat dominan. Terlebih bagi Anda yang hidup di kota besar, tentu mobilitas yang tinggi membuat Anda harus mengerjakan segala sesuatu secara cepat, termasuk untuk kebutuhan mandi. Untuk memanaskan air secara tradisional tentu sangat memakan waktu, namun dengan adanya pemanas air mandi hemat listrik, air hangat dapat kita peroleh dengan lebih cepat. Hanya saja, kecepatan tersebut menuntut kompensasi berupa konsumsi listrik yang lebih besar.

Anda tak perlu kuatir, seperti yang sudah kita bahas di atas tadi, bahwa saat ini sudah banyak tersedia pemanas air mandi hemat listrik di toko-toko bangunan di sekitar Anda. Dengan adanya pemanas air listrik ini, Anda tak perlu kuatir lagi untuk tinggal di kota besar sekalipun yang membutuhkan segalanya serba cepat. Yang perlu Anda lakukan hanya memilih pemanas air listrik yang benar-benar mampu menghemat energi karena akan ada peningkatan konsumsi listrik di rumah Anda. Selalu percayakan kebutuhan akan pemanas air Anda pada brand yang memang telah dipercaya bertahun-tahun karena merekalah yang dapat menghadirkan pemanas air dengan desain modern, hemat listrik, memiliki daya tahan lebih lama, serta fitur-fitur lainnya sekaligus dalam satu produk yang berkualitas.