Cari Investasi yang Tepat Saat Pandemi? Jawabannya Adalah Investasi Obligasi!

  • 2 min read
  • Nov 10, 2020
Cari Investasi yang Tepat Saat Pandemi Jawabannya Adalah Investasi Obligasi

Sulit ya membayangkan kapan pandemi yang melanda dunia ini akan berakhir. Sampai sekarang, hampir seluruh negara termasuk Indonesia masih berkutat menangani wabah COVID-19. Indonesia sendiri memang telah memasuki masa New Normal, meskipun begitu kondisi perekonomian dan dunia kerja masih belum sepenuhnya pulih.

Di situasi pandemi seperti sekarang ini, pastilah membuat kamu sedikit merasa kuatir tentang masa depan. Mau sampai kapan ya situasi seperti ini harus dijalani? Apakah penghasilan akan berpengaruh karena kamu belum bisa normal bekerja seperti sedia kala? Wajar banget kalau kamu berpikiran seperti itu. Apalagi kalau kamu sangat tergantung pada penghasilan bulanan yang kamu peroleh dari kantor.

Nah, itulah sebabnya di saat pandemi seperti sekarang ini adalah saat yang paling tepat untuk mulai berinvestasi. Dengan begitu, kamu akan lebih bisa menjamin masa depan dan tak perlu kuatir akan mengalami kesulitan finansial.

Apa itu Obligasi Pemerintah?

Salah satu investasi yang paling direkomendasikan adalah investasi obligasi pemerintah, yaitu surat utang Pemerintah Indonesia yang dijual kepada Warga Negara Indonesia melalui agen penjual yang telah ditunjuk, misalnya saja digibank by DBS. Ini artinya, kamu sebagai salah satu rakyat Indonesia memiliki hak untuk beli obligasi ini sebagai investor.

Obligasi negara yang memiliki resiko rendah dan keuntungan relatif tinggi, karena bunga investasinya lebih besar dari deposito. Artinya, kamu bisa mendapatkan tingkat keuntungan di atas deposito, sekaligus jaminan dari Pemerintah RI. Kamu juga akan mendapatkan keuntungan dibayarkan di tanggal yang sama setiap bulannya sehingga pengaturan cashflow kamu tetap terjaga. Untuk memulai investasi obligasi ini, kamu juga cukup mengeluarkan uang sebesar minimal Rp 1 juta saja.

Kenapa Investasi ini cocok dilakukan saat sedang pandemi?

Karena, di masa pandemi seperti sekarang di mana aktivitas belum pulih seperti sedia kala, pasti kamu akan merasa terbantu dengan kemudahan fasilitas online lewat aplikasi digibank by DBS yang dapat diakses 24 jam setiap harinya.

Layanan aplikasi digibank by DBS tersebut memungkinkan kamu untuk memesan, membayar, membuat single identification number (SID) yang dibutuhkan untuk mulai investasi obligasi, mengecek profil risiko, dan menjual surat berharga yang kamu miliki secara online. Jadi, di mana pun lokasi kamu, kamu tinggal download atau login di Aplikasi digibank by DBS, isi data pribadi, dan kamu bisa lakukan pemesanan SBN. Gampang kan?

Bagaimana cara berinvestasi obligasi pemerintah di digibank by DBS?

Kalau kamu ingin mulai investasi obligasi negara, caranya gampang sekali lho. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini ya:

  • Download Aplikasi digibank by DBS dari App Store atau Play Store
  • Masukkan data diri untuk buat Tabungan digibank by DBS
  • Klik “Obligasi” dan cek ketersediaan produk. Jika produk tersedia, kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui profil risiko dan membuat nomor SID. Apabila nomor SID sudah dibuat, kamu akan mendapatkan notifikasi email.
  • Setelah ini, login kembali dan klik “Registrasi e-SBN” untuk menyelesaikan proses pendaftaran
  • Pilih produk yang tersedia, masukkan jumlah yang kamu inginkan, lalu lakukan pembayaran. Portoflio investasi obligasi yang kamu beli akan terlihat setelah tanggal setelmen dari produk.

Jadi, jangan sampai keadaan pandemi ini malah jadi ancaman buat masa depan keuangan kamu. Apalagi, untuk mulai investasi obligasi caranya nggak sulit sama sekali, dan hanya membutuhkan modal yang sediki. Obligasi pemerintah adalah salah satu pilihan investasi teraman, dan kamu bisa tetap memiliki masa depan keuangan yang stabil walaupun keadaan sedang sulit.

Yuk, jangan sia-siakan masa depan kamu, dan mulailah berinvestasi obligasi bersama digibank by DBS di masa pandemi ini. Download Aplikasi digibank by DBS di App Store atau Play Store sekarang juga ya!