Cara Menjelaskan Wabah Virus Corona Kepada Anak-anak

  • 2 min read
  • Apr 15, 2020
Cara Menjelaskan Wabah Virus Corona Kepada Anak-anak

Di tengah wabah virus corona semua kegiatan memang banyak yang dilakukan di rumah. Misalnya saja bekerja dari rumah untuk dapat mengatasi penularan corona sehingga tidak semakin besar kepada sesama rekan kerja. Selain itu cara lainnya yang dilakukan adalah dengan meliburkan sekolah sehingga membuat anak-anak belajar di rumah. Pemerintah juga mengambil keputusan untuk meliburkan sekolah bahkan juga membatalkan ujian nasional. Berbagai hal tersebut merupakan upaya untuk dapat mengatasi penyebaran corona yang sangat mudah terjadi dari satu orang ke orang lainnya. Bagi Anda yang sudah dewasa tentu saja mudah untuk mengerti mengenai situasi yang terjadi sekarang ini. Tetapi untuk anak-anak tentu saja masih bingung mengenai krisis yang terjadi karena corona. Oleh karena itulah Anda bisa untuk melakukan beberapa hal berikut ini sebagai langkah upaya menjelaskan dan melindungi anak agar terhindar dari penularan corona:

  • Memberikan penjelasan mengenai corona

Cara pertama yang bisa dilakukan tentu saja Anda harus menjelaskan mengenai situasi yang terjadi. Dimana hal yang dapat dilakukan adalah dengan sebisa mungkin untuk menjelaskan mengenai apa itu corona, penyebaran, pencegahan, dan juga akibatnya apabila tertular. Berbagai hal tersebut dapat untuk menjadi hal yang penting agar anak-anak mempunyai gambaran mengenai apa yang terjadi dan tidak kebingungan.

  • Mengajarkannya sering mencuci tangan

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengajarkannya mencuci tangan. Hal ini juga merupakan salah satu langkah untuk pencegahan penularan virus corona yang paling mudah dan membuat tangan anak tetap bersih. Selain itu kebiasaan untuk mencuci tangan juga merupakan kebiasaan yang baik sehingga juga akan menjadi kebiasaan yang bagus apabila dipraktekkan ketika wabah corona sudah mereda. Untuk membuat anak sering cuci tangan juga dapat untuk mengajarinya langsung dengan praktek karena anak-anak merupakan peniru yang terbaik. Sehingga Anda bisa untuk mengajaknya cuci tangan ketika Anda juga sedang cuci tangan.

  • Melarangnya bermain di luar

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melarangnya bermain di luar. Anak-anak juga tidak boleh untuk berkerumun untuk sementara waktu sehingga memberikan pengertian memang yang paling penting ketika anak bertanya mengapa libur sekolah tetapi harus tetap berada di dalam rumah. Berikan pengertian bahwa untuk sementara anak-anak tidak boleh untuk bermain di luar dan bisa melakukan berbagai kegiatan lainnya di rumah.

  • Melibatkannya dalam kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melibatkannya dengan kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga. Anak-anak tentunya akan lebih mudah bosan ketika selalu berada di dalam rumah bersama keluarga. Oleh karena itulah untuk menjaga anak tetap ceria walaupun sedang melakukan isolasi diri di rumah maka bisa untuk mengajaknya bermain. Anda dapat untuk mengajaknya bermain yang disukai seperti bermain game bersama anggota keluarga lainnya untuk mengisi waktu. Sehingga ketika berada di satu rumah juga dapat digunakan untuk mempunyai quality time bersama keluarga.

Beberapa hal tersebut merupakan yang harus diperhatikan ketika menjelaskan anak mengenai wabah virus corona. Karena selain menjaga kesehatan Anda sendiri, bagi yang sudah mempunyai anak-anak juga penting untuk menjaga kesehatan keluarga. Oleh karena itulah penting untuk membuat anak-anak juga tetap sehat dengan memberikan pengertian mengenai corona. Adapun untuk cara penjelasan lainnya yang mudah diterima oleh anak juga bisa dilihat lebih lanjut di Halodoc yang mempunyai banyak tips pencegahan melawan corona.