Cara Mendidik Anak Supaya Cerdas

  • 1 min read
  • Aug 05, 2021
edukasi anak balita

Perkembangan dan juga pertumbuhan si Kecil juga memang selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh Papa dan Mama dan semua orang tua. Hal ini karena, perkembangan dan pertumbuhan si Kecil hanya terjadi satu kali dan juga tidak dapat diulang kembali. Lalu si Kecil saat ini sudah memasuki usia 3 tahun dan sudah punya beberapa perkembangan baru misalnya seperti sudah bisa menyebut namanya sendiri, kemudian bisa belajar menghitung, dan juga menggambar.

Hal-hal di atas merupakan tahap perkembangan yang umumnya bisa terjadi pada anak usia 3 tahun ke atas, dan walaupun memang tiap anak memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda. Namun memasuki usia 3 tahun, maka pola asuh dan mendidik anak pun juga harus disesuaikan dengan usianya supaya si Kecil bisa cerdas, aktif, dan mandiri ya. Beberapa cara edukasi anak balita usia 3 tahun yang baik dan juga benar adalah dengan cara:

Mengajarkan Anak Supaya bisa Mengendalikan Emosinya

Cara mendidik anak usia 3 tahun yang pertama adalah yakni dengan cara mengajarkan si Kecil untuk bisa mengendalikan emosinya. Karena memasuki usia 3 tahun si Kecil sudah bisa mengekspresikan apa yang ia rasakan dan juga terkadang si Kecil akan mengeluarkan ledakan emosi yang akan lebih dikenal dengan nama tantrum. Mama juga tidak perlu khawatir karena tantrum ialah sebuah hal yang normal dalam tahap perkembangan si Kecil.

Dalam tahapan emosi si Kecil belum berkembang dengan baik, maka si Kecil belum bisa membedakan mana cara yang benar untuk mengekspresikan perasaannya dan mana yang salah. Nah, jika si Kecil punya intensitas tantrum yang tinggi, maka ada beberapa cara yang Mama  bisa lakukan misalnya seperti menghabiskan waktu bersama ketika si Kecil yakni dalam keadaan tenang, berikan asupan nutrisi yang sehat dan juga seimbang, lalu berikan waktu dan juga perhatian yang cukup kepada si Kecil dan bisa juga beri pengertian bagaimana cara mengendalikan emosinya. Dengan hal-hal di atas akan sangat membantu si Kecil yakni dalam mengendalikan emosinya.