Naik kereta api memang menjadi salah satu pilihan terbaik bagi masyarakat khususnya yang akan melakukan  perjalanan darat dalam waktu yang lama. Hal ini tidak lain karena kereta bisa dibilang sebagai transportasi darat yang paling cepat saat ini. Salah satu pilihan kereta api yang tengah banyak dibicarakan belakangan ini adalah Kereta Api Kertajaya. 

Tentunya bagi anda yang merupakan pengguna aktif kereta api tidak asing dengan salah satu KA yang ada di Indonesia ini bukan? Kereta api ini adalah menjadi pilihan terbaik untuk anda yang akan memulai perjalanan ekonomis anda dari Jakarta Surabaya atau sebaliknya. Kedua kota tersebut terhubung oleh kereta Api Kertajaya di stasiun pasar senen Jakarta dan stasiun Surabaya Pasar Turi. 

Untuk anda yang ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan KA yang satu ini maka anda wajib untuk menyimak ulasan di bawah ini dengan baik. 

Mengenal sekilas kereta Api Kertajaya 

Kereta api ini sendiri merupakan layanan kereta api yang akan beroperasi untuk daerah operasi 8 surabaya. Secara khusus, kereta ini akan mengantarkan penumpangnya untuk bisa sampai ke Jakarta maupun Surabaya. Untuk sekali jalan saja, kereta ini bisa menempuh jarak sekitar 725 kilometer dengan kecepatan 60 hingga 100 km per ja,

Dengan kecepatan itulah, kereta ini akan transit di 12 stasiun yang dilewati. Jika di jumlahlah, maka durasi dari perjalanan kereta api ini adalah 11 jam 40 menit. Ada beberapa stasiun yang disinggahi oleh kereta api Kertajaya ini diantaranya adalah Stasiun Lamongan, Babat, Bojonegoro, Cepu, Randublatung, Semarang Tawang, Pekalongan, Tegal, Cirebon Prujakan dan Bekasi. 

Kereta ini sendiri juga akan berangkat masing-masing satu kali dari stasiun utamanya. KA ini sendiri akan memulai perjalanan pada pukul 14.00 Wib dari pasar Senen dan akan  memulai perjalanan dari Surabaya pada pukul 21.00 malam. Kemudian, kereta ini akan tiba lagi ke Pasar Senen pada pukul 8.40 pagi. 

Sejarah singkat mengenai kereta api Kertajaya 

Untuk anda yang akan memulai perjalanan dengan menggunakan kereta api ini maka akan semakin lengkap apabila anda juga mengetahui bagaimana sejarah singkat mengenai kemunculan kereta api yang satu ini. Kereta api ini sendiri awalnya dikenal dengan nama KA Gaya Baru Malam Utara yang beroperasi di tahun 1978 hingga 2002. 

Setelah itu, nama tersebut berganti menjadi KA Kertajaya dimana kereta ini membawa penumpang kelas ekonomi dan belum ada fasilitas AC di dalamnya. Kemudian barulah pada awal tahun 2013 lalu, KA ini sendiri mulai beroperasi dengan menggunakan rangkaian gerbong yang dilengkapi dengan AC. 

Tepatnya di tahun 2015 lalu, PT Kai juga menghadirkan KA Kertajaya tambahan dengan rangkaian yang mencapai 14 unit kereta ekonomi. Tetapi sejak april 2016, layanan KA tambahan tersebut dihentikan dan dialihkan untuk menjadi kereta regular. 

Harga tiket kereta api 

Untuk menemani perjalanan anda sampai ke lokasi tujuan, maka harga tiket kereta api Kertajaya ini pun juga cukup beraneka ragam. Mulai dari Rp150.000 untuk subkelas P dan Rp165.000 untuk subkelas C. harga tiket tersebut biasanya juga akan disesuaikan dengan subkelas atau posisi tempat duduk anda tersebut. 

Tidak hanya itu saja, harga tiket kereta tersebut juga akan dibedakan berdasarkan waktu pemesanan dan keberangkatan kereta. Khusus untuk rute pendek yang dilalui oleh KA ini biasanya menyediakan harga tiket mulai dari 90 ribu untuk subkelas P dan 100 ribu untuk subkelas C. 

Fasilitas yang ditawarkan 

Demi memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya, kereta api ini pun juga menyediakan sejumlah fasilitas menarik yang bisa anda nikmati. Terdapat beberapa fasilitas seru yang bisa anda dapatkan dari kereta ini. Diantaranya adalah 

  1. Adanya 2 unit AC dan toilet di setiap gerbongnya 
  2. Setiap tempat duduk akan dilapisi dengan kulit yang akan membuat anda semakin nyaman ketika duduk diatas. 
  3.  Tersedianya 2 buah stop kontak di bawah meja kecil di sisi jendela kereta 
  4. Tersedianya selimut maupun bantal yang membuat anda semakin nyaman selama berada di perjalanan. 

Memulai perjalanan jauh anda dengan menggunakan kereta api memang menjadi salah satu pilihan terbaik. Untuk anda yang akan memulai perjalanan dengan kereta ini, segera beli online tiket kertajaya ini.