Apa Itu Backlink dan Bagaimana Cara Memilih Backlink yang Bagus

  • 2 min read
  • Aug 09, 2021
Apa itu Backlink

Apa itu backlink dan bagaimana cara memilih backlink yang bagus – Backlink bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan acuan dalam memudahkan optimasi website menjadi populer atau memudahkan pengguna dalam mesin pencarian. Backlink terbagi menjadi dua, ada nofollow dan dofollow.

Secara kasat mata kedua bagian backlink tersebut tidak terdapat perbedaan. Tetapi dofollow merupakan jenis backlink yang banyak disukai dan mempunyai nilai tinggi dalam mesin pencarian. Adapun tipe nofollow jarang disukai karena hampir tidak ada efek untuk website.

Untuk memilih backlink yang bagus kamu harus mencari backlink yang berkualitas. Tentu hal tersebut ada tips-tipsnya agar backlink kamu menjadi berkualitas.  Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, baik itu dengan cara berbayar ataupun gratisan. Silahkan simak di bawah ini tentang tips-tipsnya :

1. Membuat Konten yang Menarik

Kamu harus melakukan pembuatan konten yang menarik dan unik, baik bagi orang yang membaca atau untuk dijadikan referensi. Dengan demikian bagi kamu yang sedang menggelutinya, sebagai bahan tulisan kamu harus mencari ide baru sebagai bahan tulisan. Dengan berkualitasnya konten bisa membuat artikel kamu dijadikan referensi oleh wikipedia yang sudah dikenal kerap memberikan backlink berkualitas.

2. Bangun Sosial yang Bagus

Kamu yang seorang bloger, harus aktif membangun jaringan pertemanan. Jangan sampai kamu tidak gabung dalam komunitas bloger. Kamu bisa diajak join dengan pengguna lain untuk saling menukar link jika kamu beruntung.

3. Membuat Konten Viral

Kamu harus menulis konten yang sedang dicari oleh banyak orang. Berbagai jalan bisa kamu tempuh untuk membuat konten kamu berkualitas. Misalnya dengan mencari topik tentang kebutuhan banyak orang.

4. Melakukan Guest Post

Kamu yang mempunyai kesamaan antara website kamu dengan website yang lain, kamu bisa melakukan blogwalking. Memang cara blogwalking tidak terlalu sering dipakai, dan cenderung banyak yang meninggalkan. Hal tersebut karena cara ini dianggap kurang dapat menaikan web dalam mesin pencarian.

5. Menggunakan Tools

Untuk menemukan backlink yang bagus kamu juga bisa menggunakan Tools, tools yang paling banyak digunakan oleh para pakar SEO adalah Moz dan Ahrefs, karena kedua tools tersebut dinilai lebih efektif dan akurat, sehingga mendapatkan data yang sesuai. Dari data di atas kamu bisa mengolah target untuk membuat optimal link building. Perlu kamu ketahui, cara ini bisa saja memerlukan biaya

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kualitas website dengan backlink, silahkan simak di bawah ini karena akan disebutkan sumber-sumber website untuk mencari backlink.

Setelah membuat akun kamu harus menambahkan web dengan url sesuai target pada halaman profil tautan website atau about.

1. Medium.com domain Authority (DA): 95

Tidak ada bedanya dengan wordpress.com dan blogspot yang memberikan kebebasan menulis dengan jumlah yang tidak dibatasi, itulah medium. Hal itu harus dijadikan rujukan untuk memanfaatkan halaman ini sebagai ajang latihan untuk website kamu dari penyimpanan backlink contextual.

2. YouTube.com Domain Authority (DA): 99

Bukan hanya google, youtube juga bisa membuat kamu melakukan pencarian backlink berkualitas untuk website kamu agar powerfull. Adapun untuk caranya adalah di halaman profil about me kamu harus memasang URL homepage dalam website. Untuk yang kedua, backlink pada youtube yaitu URL homepage ataupun artikel yang dapat diletakan pada bagian deskripsi.

3. Scribd Domain Authority (DA): 94

Bagi kamu yang memiliki tugas kuliah yang numpuk, biasa kamu tambahkan hyperlink atau edit pada dokumen yang kamu kira masih sesuai. Setelah itu kamu harus melakukan pengunggahan di letak sharing scrib agar kamu bisa mempunyai situs DA besar yaitu backlink.

Itulah pengertian siangkat dari apa itu backlink dan bagaimana cara memilih backlink yang bagus. Dengan mengetahui langkah – langkah diatas, tentunya kamu bisa memilih backlink bagus dan tidak untuk perkembangkan situs.  Jika Anda tidak bisa mendapatkan backlink, bisa menggunakan Jasa Backlink dari SEODigital.co.id.