8 Makanan Legendaris Khas Semarang yang Wajib Dicoba Pecinta Kuliner

  • OpiniBangsa
  • Dec 15, 2023
makanan khas Semarang

Semarang dikenal sebagai salah satu kota tua dan bersejarah di Indonesia dengan ragam budaya dan kuliner otentik yang terkenal hingga sekarang.

Deretan rumah makan legendaris di Kota Bergota ini banyak menghidangkan sajian khas berupa campuran antara makanan Tionghoa, Jawa, hingga kreasi unik hasil improvisasi warga lokal.

Berikut 8 rekomendasi makanan khas Semarang yang legendaris yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke sana:

  • Lumpia

Jajanan khas Semarang yang sudah turun temurun satu ini bentuknya mirip spring roll atau lumpia basah. Kulit luar lumpia terbuat dari dadar tipis yang digulung dengan isian rebung, telur, daging ayam cincang dan ebi. Tekstur renyah dan rasa gurih lumpia ini membuat siapapun ingin nambah terus.

  • Wingko Babat

Wingko atau serabi babat adalah kue tradisional khas Semarang yang terbuat dari kelapa muda parut. Adonannya dicampur tepung beras ketan putih dan gula pasir lalu dipanggang di atas wajan hingga matang.

Teksturnya lembut mirip serabi dan aromanya wangi dari campuran daun pandan. Wingko babat terasa sangat gurih dan manis, pas untuk camilan atau oleh-oleh.

  • Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah tahu goreng khas Semarang dengan isian sayuran bercampur kucai dan bawang putih. Teksturnya kering diluar dan lembut didalam dengan rasanya gurih dan sedikit asin.

Tahu gimbal paling enak disajikan panas-panas dengan cocolan saus cabe rawit. Kombinasi renyah, asin dan pedasnya benar-benar bikin ketagian.

  • Bandeng Juwana Elang

Ikan Bandeng presto khas Juwana adalah salah satu makanan Semarang yang sudah sangat terkenal. Ikan Bandeng dipresto dengan campuran bumbu hingga dagingnya lembut dan beraroma harum jahe serta sereh.

Bandeng Elang biasanya disajikan dengan sambal terasi dan perasan air jeruk nipis. Rasanya yang lembut dengan kuah kaldu yang sedap dan gurih ini jadi favorit banyak orang.

  • Nasi Ayam Bu Tumini

Nasi Ayam Bu Tumini jadi salah satu legenda kuliner Semarang yang konon sudah ada sejak tahun 1964. Ciri khas nasi ayamnya terletak pada ayam kampung bakarnya yang dimasak hingga kering dan agak gosong diluar tapi tetap juicy didalam. Daging ayamnya sangat wangi dan bercitarasa sedap. Disajikan dengan nasi putih, lalapan dan sambal terasi.

  • Roti Maryam

Roti Maryam merupakan roti manis bandung khas Semarang yang mirip seperti roti sobek. Perbedaannya terletak pada adonan roti maryam yang lebih ringan akibat penambahan wijen dan kismis.

Kulit luarnya renyah namun bagian dalamnya tetap empuk. Konon makanan bersejarah ini merupakan hasil akulturasi budaya Indonesia dan Eropa yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda hingga Jepang.

  • Rawon Ronggo Warsito

Pecinta rawon wajib menyempatkan diri mampir ke Rumah Makan Ronggo Warsito yang legendaris ini. Sajian rawon sapi lengkap dengan kuah hitam kental dan kaldu daging yang sangat gurih. Potongan daging sapinya pun masih utuh dan empuk. Rawon Setan adalah menu andalan yang sangat populer di sini.

  • Mie Tek Tek

Tak kalah fenomenal dengan mie ayam, Mie Tek Tek juga sudah menjadi salah satu ikon kuliner legendaris Kota Semarang yang konon sudah ada sejak tahun 1960-an.

Mie kuning dan bihun disajikan dengan campuran bakso, makaroni, sayur caisin, dan suwiran daging ayam. Kuah kaldu ayam beningnya yang gurih dan sedap ini yang bikin setiap orang jatuh cinta dan kecanduan.

Nah itu dia deretan makanan otentik khas Semarang yang wajib masuk wishlist kuliner Anda saat berkunjung ke sana. Semuanya merupakan kuliner legendaris turun temurun yang sayang untuk dilewatkan. Selamat berpetualang menjelajahi tradisi kuliner kota tua penuh pesona!

Related Post :