6 Cara Membersihkan Wajah Secara Alami

  • 2 min read
  • Oct 30, 2019
Cara Membersihkan Wajah Secara Alami

Ketika bahaya Sodium Lauryl Sulfat (SLS) dan Sodium Laureth Sulfat (SLES) menjelma kepanikan, maka bahan alami menjadi solusi mudah untuk membersihkan wajah. Setidaknya hingga semua pabrik mengganti kedua detergen yang menyebabkan kulit kering itu dengan bahan yang lebih aman untuk wajah.

Sebenarnya, ada banyak pilihan pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan alami. Namun, bahan alami tergolong susah dicari sehingga membuat harga produk-produk tersebut mahal. Daripada Anda merogoh uang dalam-dalam untuk sabun pembersih wajah, kenapa tidak memanfaatkan bahan-bahan alami yang sudah tersedia di dapur.

Jika Anda ingin membersihkan wajah dengan bahan yang aman, simak cara membersihkan wajah secara alami di bawah ini.

Buah Pepaya

Buah pepaya yang memiliki bentuk yang besar dan kaya serat ini sangat mudah membusuk. Daripada membusuk karena tidak habis dimakan, Anda bisa memanfaatkannya untuk membersihkan wajah. Caranya adalah dengan menghaluskan buah pepaya tersebut dan langsung mengaplikasikannya ke wajah. Diamkan pepaya selama kurang lebih 30 menit agar nutrisinya terserap oleh kulit, lalu bilas. Senyawa kimia dalam wajah akan diserap oleh serat pepaya dan akan terbuang bersama air bilasan.

Kulit Pisang

Buah pisang adalah buah yang umum berada dalam menu diet. Selain mengenyangkan, kulitnya ternyata bisa dimanfaatkan untuk membersihkan wajah, lho. Anda tinggal menggosokkan kulit bagian dalam pisang pada wajah dan bilas dengan air bersih. Dengan demikian, bahan-bahan berbahaya dari kosmetik yang berada di dalam kulit akan tertarik keluar dan terbilas bersama air.

Buah Tomat

Sebuah penelitian mengatakan bahwa tomat memiliki senyawa alami yang mampu menarik bakteri dalam tubuh dan keluar bersama ampas tomat. Oleh karena itu, tomat sangat baik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh Anda dengan cara mengonsumsinya. Hal ini kemudian digunakan sebagai teori dasar membersihkan wajah dengan tomat. Anda tinggal membelah tomat dan mengoleskannya pada wajah. Untuk mendapatkan efek melembapkan dari air tomat, Anda bisa membiarkannya selama 15 menit sebelum dibilas.

Susu

Anda suka susu? Jika iya, sisakan sedikit susu untuk membersihkan wajah Anda dari kotoran dan debu. Anda bisa menggunakan susu cair atau mengencerkan susu bubuk. Selain bersih, kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan kenyal.

Tepung Beras

Zaman dahulu, tepung beras adalah bahan dasar untuk membuat lulur. Hal ini karena tepung beras memiliki butiran yang halus dan dapat mengangkat sel kulit mati dengan aman. Campurkan tepung beras dengan air secukupnya dan oleskan pada wajah. Gosok sedikit agar kotoran dan sel kulit mati terangkat, lalu bilas hingga bersih.

Minyak Zaitun

Jika Anda menggunakan minyak zaitun untuk memasak, Anda bisa memanfaatkannya untuk membersihkan riasan wajah. Riasan wajah mengandung minyak sehingga sangat mudah diangkat dengan minyak pula. Oleskan saja minyak zaitun ke seluruh wajah dan bersihkan dengan kapas. Hasilnya, riasan wajah Anda terangkat dan wajah Anda menjadi bersih dan lembap.

Dengan 6 cara membersihkan wajah secara alami di atas, Anda tidak perlu khawatir kulit Anda akan kering dan kemungkinan terkena penyakit kanker.