4 Tips untuk Meningkatkan Konsentrasi selama Belajar

  • 2 min read
  • Feb 26, 2021
Meningkatkan Konsentrasi selama Belajar

Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, berkonsentrasi pada saat belajar menjadi sulit akhir-akhir ini. Belajar bukan hanya proses membaca baris-baris yang ada buku. Belajar melibatkan memahami ide dan memahami pengetahuan. Sangat sulit untuk fokus ketika kamu memiliki begitu banyak hal yang dipikirkan di kepala dan gangguan itu membuat kamu kehilangan fokus dari belajar. Belum lagi saat ini sudah banyak kelas-kelas online, baik itu pada pendidikan formal maupun informal seperti kursus. Buku-buku diakses dengan elektronik, kursus bahasa yang kamu ikuti menjadi online, misalnya kursus bahasa Inggris digital, tempat kursus tersebut sudah canggih mengatur sedemikian rupa akses website atau forum yang bisa dikunjungi untuk belajar. Mungkin ini akan sedikit menyusahkan kamu yang lebih konsentrasi jika harus membaca buku secara fisik.

Seperti pada satu kasus kamu menggunakan mesin pencari untuk mencari sesuatu, tetapi tiba-tiba satu pencarian mengarah ke pencarian lainnya dan kamu akhirnya mencari sesuatu yang sama sekali berbeda dari yang pertama? Hal yang sama terjadi saat kamu sedang belajar, bukan? Tapi jangan khawatir! Berikut adalah 4 cara meningkatkan konsentrasi agar kamu bisa belajar efektif :

  • Istirahat yang cukup

Istirahat teratur sangat penting untuk meningkatkan kapasitas belajar kamu dan mempertahankan konsentrasi yang tinggi.

  • Hindari hal-hal yang mengganggu

Chat, membuka Twitter, Instagram, Tik Tok, dan gangguan lain yang berasal dari ponsel dan perangkat elektronik lainnya adalah penghalang terbesar untuk mempertahankan fokus pada belajar. Sebaiknya mematikan perangkat elektronik kamu saat kamu belajar, dan boleh menyalakannya hanya ketika kamu sedang istirahat atau ketika kamu selesai.

  • Buat rencana belajar

Ketika kamu memiliki terlalu banyak hal untuk dipelajari, mungkin tampak sulit untuk menyelesaikan semuanya. Jadwalkan setiap sesi belajar kamu dengan mata pelajaran tertentu untuk dipelajari setiap hari yang sesuai, daripada kamu hanya mendalami satu mata pelajaran.

  • Ciptakan lingkungan belajar yang baik

Lingkungan belajar yang baik memungkinkan kamu untuk menjaga konsentrasi dan memaksimalkan efisiensi belajar. Setiap orang memiliki preferensi lingkungan belajarnya sendiri, jadi pilihlah preferensimu dan buat dirimu bebas dari semua gangguan.