4 Alat Martech yang Memungkinkan Koneksi

  • 2 min read
  • Dec 13, 2020
Alat Martech

Coba jawab, seringkah Anda membeli barang atau menikmati jasa karena alasan bahwa produk yang ditawarkan sudah dikenal dan punya reputasi bagus?

Saya yakin, jawabannya sering. 

Itulah mengapa banyak perusahaan yang menghabiskan ratusan juta, milyaran, hingga triliunan untuk mengkoneksikan bisnisnya dengan pelanggan. Baik melalui promosi, iklan, dan sebagainya.

Dahulu, mungkin kemampuan pemasaran semacam ini mungkin hanya bisa dilakukan bisnis raksasa. Mengingat saluran yang tersedia terbatas. Mungkin hanya televisi, media cetak, atau radio.

Tetapi zaman berubah. Dunia digital membuka akses lalu lintas informasi menjadi sangat terbuka. 

Banyak teknologi pemasaran atau Martech yang lahir bermunculan. Walhasil, aktivitas menjangkau pelanggan bisa dilakukan lebih mudah dan murah. Ada beberapa alat Martech yang bisa Anda coba untuk melakukan koneksi secara lebih optimal dengan pasar. 

  • Salesforce

Salesforce adalah salah satu aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang paling terkenal.

Dengan berbagai layanannya, Anda bisa lebih efektif mengelola koneksi dengan pelanggan. Sehingga pelanggan tak hanya membeli produk Anda sekali, namun berulang kali.

Fitur-fiturnya membantu Anda mengelola data pelanggan sehingga pendapatan Anda meningkat dan semakin produktif.

Kerja-kerja sales yang ada di tim pemasaran Anda akan terbantu mengingat aplikasi ini bisa menghimpun informasi yang lebih detail tentang pelanggan, sehingga proses prospek yang dijalankan sales akan lebih efektif. 

  • Kirim Email

Kelebihan Martech menggunakan e-mail adalah sifatnya yang lebih membangun kesan privat dan hangat antara bisnis Anda dengan audience.

Ada banyak aplikasi karya developer yang bisa membantu optimasi pemasaran melalui e-mail, salah satunya adalah Kirim e-mail yang merupakan karya anak bangsa. Fitur utamanya adalah kemampuannya mengirim email secara massal tanpa batas. 

Selain itu, bisa juga mempermudah Anda mendesain e-mail dengan metode drag and drop. Bahkan, ia juga mampu diintegrasikan dengan layanan Google Forms, Google Sheets, Landing Page, Facebook Ads, toko online, Whatsapp, Geolocation, WordPress, hingga Telegram.

  • Google Adwords

Jika Anda menyasar segmen audiens yang tertarget untuk bisnis Anda, Anda perlu mencoba memanfaatkan Google Adwords. Ini adalah layanan dari Google yang membantu Anda mengiklankan produk atau jasa.

Anda bisa membuat campaign dengan menyasar koneksi tertarget dengan menggunakan variasi iklan, mengelola audiens, menerima pelaporan yang detail tentang aktivitas iklan Anda, hingga melakukan tracking konversi dengan akurasi data tingkat tinggi.

Berbagai hal di atas memudahkan Anda untuk menyusun cara komunikasi yang paling efektif dengan audiens dari waktu ke waktu.

  • Hootsuite

Dengan kanal sosial digital yang begitu banyak saat ini, tentu semestinya Anda manfaatkan dengan berusaha mengenalkan dan mempromosikan bisnis Anda seluas-luasnya.

Dengan hootsuite, Anda bisa berkomunikasi dengan mengirim berbagai konten ke seluruh lini media sosial dengan lebih praktis. 

Baik memposting, mengomentari, dan menjadwalkan waktu posting, semua bisa dilakukan dengan mudah. Sehingga energi bisnis Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Belum lagi Anda juga bisa mengelola data dari saluran aktivitas Anda di media sosial.

Namun, sekalipun teknologi pemasaran mampu membuat segalanya terlihat mudah dan praktis, konten tak bisa Anda abaikan begitu saja. 

Untuk menunjang Martech, Anda butuh konten pemasaran yang ciamik yang menambah daya saing Anda dimata audiens. Termasuk, konten tulisan semisal copywriting atau content marketing. Namun tenang saja, Anda bisa bekerjasama dengan Saung Writer untuk persoalan itu. 

Sebagai jasa kepenulisan profesional dan berpengalaman, saungwriter.com dapat membantu Anda membuat berbagai jenis konten untuk membantu lejitkan pemasaran Anda. Cukup satu tempat untuk penuhi segala kebutuhan konten Anda.